Beijing (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri (PM) Tiongkok Li Keqiang, Minggu pagi waktu setempat.

Pertemuan dengan para pemimpin negeri Tirai Bambu itu dilakukan di Great Hall of the People, Beijing, sekitar pukul 10.30--11.45 WIB tepat seusai Presiden Jokowi menghadiri pertemuan bisnis antara pengusaha Indonesia dan Tiongkok.

"Presiden akan memperoleh informasi dari Tiongkok sebagai tuan rumah terkait pertemuan (APEC) ini," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi.

Ia juga menyampaikan dalam pertemuan itu akan dibahas hubungan kedua negara di masa depan.

Indonesia, tambah Menlu, juga akan melihat isu-isu yang akan dimunculkan serta menyampaikan agenda pemerintah.

Ia mengatakan sejumlah isu prioritas yang akan diusung oleh pemerintah rIndonesia antara lain adalah isu kerja sama maritim, investasi, energi, dan infrastruktur.

Untuk semua bentuk kerja sama yang akan dilakukan dengan negara sahabat, menurut Menlu, Presiden telah menekankan bahwa kerja sama itu harus menguntungkan kedua belah pihak dan rakyat Indonesia.

Terkait dengan upaya menggabungkan poros maritim dan jalur sutera, Menlu mengatakan bahwa usulan tersebut masih dijajaki.

Sementara itu sebelumnya dalam pertemuan dengan Menlu Tiongkok Wang Yi, Menlu menyampaikan bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Tiongkok merupakan hubungan antara dua negara besar di kawasan Asia yang sedang terus berkembang, sehingga hal itu merupakan hubungan yang saling menguntungkan.

Tiongkok, tambah dia, adalah salah satu mitra terbesar Indonesia. "Dan tahun depan kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok," lanjutnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai menerima kunjungan kehormatan Menlu Tiongkok di Jakarta pekan lalu menyampaikan bahwa ia mendorong agar Tiongkok turut serta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ia menyampaikan mengenai sejumlah proyek infrastruktur, di antaranya pembangunan rel kereta api, pembangunan jalan tol dan pembangkit listrik.

Selain itu, menurut Presiden, juga sempat disinggung terkait poros maritim yang menjadi salah satu isu utama pemerintahan Jokowi-JK dan jalur sutera maritim abad 21 yang menjadi salah satu isu kemaritiman Tiongkok.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok pekan ini, 8--11 November, untuk menghadiri pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).



Pewarta: GNC Aryani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014