Gorontalo (ANTARA News) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan bahwa untuk tahun 2015, sektor pertanian masih menjadi unggulan dari pemerintah baik kabupaten maupun kota di daerah itu.

"Sektor pertanian masih menjadi andalan pemerintah daerah, selain sejumlah sektor lainnya," Kata Gubernur Rusli, Minggu.

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah Provinsi Gorontalo terus melakukan berbagai terobosan dan pemberian bantuan kepada petani, seperti bibit padi, jagung dan hortikultura lainnya.

Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengalokasikan dana sebesar Rp33 miliar untuk sektor pertanian dalam tahun 2015, yang diperuntukkan pengembangan sejumlah komoditas yakni padi, jagung, cabai, kedelai, tanaman hias serta sayur-sayuran.

"Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menyiapkan bibit dan kebutuhan penunjang lainnya," Kata Rusli.

Dia menjelaskan, sektor pertanian telah mampu meningkatkan taraf hidup para petani di Gorontalo, sebab banyak yang berhasil dalam komoditas unggulan jagung sejak beberapa tahun lalu.

Para petani tidak perlu merasa takut akan kekurangan bibit dari berbagai komoditi pertanian, begitu pula dengan pupuk karena pemerintah selalu menyediakan dalam jumlah yang banyak.

"Bibit komoditas unggulan pada sektor pertanian diberikan oleh pemerintah kepada petani di Gorontalo secara gratis," Kata Rulsi.

Dia menambahkan jika satu daerah kehidupan petani makin meningkatkan, maka dapat dikatakan tingkat perekonomian di wilayah tersebut mengalami peningkatan, yang tentunya diikuti dengan daya beli makin tinggi.

Pewarta: M.F. Said
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014