Semua pemain peluangnya sama. Begitu juga dengan Evan Dimas dan Sergio van Dijk,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemain Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas dan pemain naturalisasi, Sergio van Dijk berpeluang masuk tim inti saat timnas menghadapi Timor Leste pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11).

"Semua pemain peluangnya sama. Begitu juga dengan Evan Dimas dan Sergio van Dijk," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro di Jakarta, Senin.

Evan Dimas, kata dia, berpeluang diturunkan sejak awal pada uji coba internasional itu mengingat beberapa pemain dengan posisi yang sama termasuk pemain keturunan Belanda, Irfan Bachdim dalam kondisi kurang maksimal.

Jika benar-benar diturunkan, maka pertandingan Timnas Indonesia melawan Timor Leste merupakan debut bagi pemain yang bersinar saat membawa Timnas Indonesia U-19 merebut juara Piala AFF 2013 dan lolos ke Piala Asia itu.

"Tapi semuanya tergantung Riedl. Besok pagi baru diputuskan siapa-siapa pemain yang akan menjadi pemain inti pertandingan melawan Timor Leste," kata Widodo menambahkan.

Khusus untuk Sergio van Dijk, mantan pelatih Persela Lamongan itu mengisyarakat akan menetapkan sebagai penyerang utama jika pada pertandingan nanti akan menggunakan skema andalan yaitu 4-2-3-1.

"Sergio memang prioritas diturunkan. Kami ingin melihat secara langsung kemampuan dia. Begitu juga pemain yang lain. Makanya, mereka harus menurunkan kemampuan terbaiknya," kata mantan pemain timnas itu.

Sergio van Dijk setelah menjadi warga negara Indonesia langsung memperkuat klub Persib Bandung. Setelah itu melanglang buana ke beberapa negara seperti Iran dan Thailand. Kondisi ini membuat kemampua pemain keturunan Belanda itu semakin meningkat.

"Sergio dalam kondisi terbaik. Saya melihat berat badannya juga ideal. Makanya, kita tinggal melihat permainannya besok," kata dokter timnas, Syarief Alwi usai memantau kondisi pemain.

Menurut dia, pada pertandingan uji coba itu pihaknya meminta kepada pelatih untuk menurunkan pemain yang kondisinya fit. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir cedera. Apalagi Piala AFF 2014 sudah didepan mata.

Saat ini ada beberapa pemain yang kondisinya kurang maksimal. Selain Irfan Bachdim ada Viktor Igbonefo, Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu dan Hamka Hamzah. 

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014