Ada usulan jika untuk kesehatan mereka dicover BPJS maka diharapkan tali asih terkait dana kesehatan tetap bisa diterima,"
Jakarta (ANTARA News) - Keluarga Pahlawan Nasional mendapatkan dana kesehatan sebesar Rp3,5 juta per bulan, kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Ada usulan jika untuk kesehatan mereka dicover BPJS maka diharapkan tali asih terkait dana kesehatan tetap bisa diterima," kata Mensos disela-sela silaturrahmi dengan keluarga pahlawan nasional di Jakarta, Selasa.

Mensos mengatakan, dari Kementerian Sosial keluarga pahlawan mendapatkan tali asih sebesar Rp1,5 juta per bulan.

Tali asih tersebut hanya untuk keluarga pahlawan nasional, sementara untuk veteran berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan.

"Ada bentuk perhatian berupa tali asih dan uang kesehatan dan memang jumlahnya tidak besar," kata Khofifah.

Hal tersebut menurut dia sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan terkait DIPA 2015.

Saat ini dalam data Kementerian Sosial sebanyak 162 pejuang yang dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Untuk 2014, empat tokoh dianugerahi gelar pahlawan nasional yaitu Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting lahir di Tanah Karo Provinsi Sumatera Utara.

Sukarni Kartodiwirjo lahir di Blitar, Jawa Timur, HR Mohammad Mangoendiprojo yang dilahirkan pada tanggal 5 Januari 1905 di Sragen.

Terakhir adalah Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah yang lahir di Jombang, 31 Maret 1888 adalah seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014