Kalau perlu (dipantau) setiap 15 menit, tergantung ketinggian muka air
Jakarta (ANTARA News) - Penjaga Pintu Air Manggarai akan mempersempit jam pantau elevasi muka air dari 60 menit menjadi 30 menit sekali untuk mengantisipasi banjir yang mungkin terjadi menjelang musim hujan di Jakarta.

"Kalau perlu (dipantau) setiap 15 menit, tergantung ketinggian muka air," kata Kepala Pintu Air Manggarai Adie Widodo di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan para petugas juga sudah memastikan bahwa kondisi sarana pengendali banjir dalam keadaan prima sehingga dapat menjalankan fungsinya sesuai kebutuhan.

Menurut pengamatannya banjir yang terjadi pada Januari-Februari 2014 di Jakarta tidak separah saat banjir tahun 2013 yang diakibatkan jebolnya tanggul di salah satu kanal barat yang terletak di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat.

"Selanjutnya kami harap lebih baik lagi sehingga bisa meminimalisir terjadinya banjir atau setidaknya mengurangi genangan-genangan yang ada," tuturnya.

Ia pun menambahkan tim penjaga Pintu Air Manggarai yang berjumlah enam orang siap bekerja 1x24 jam secara bergilir untuk menghadapi puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2015.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014