New York (ANTARA News) - Direktur Program Timur Tengah di Institut Urusan Dunia Judith Kipper mengatakan, mencapai kesepakatan nuklir yang komprehensif dengan Iran harus dipertimbangkan menjadi prioritas utama pemerintahan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Berbicara kepada IRNA dalam satu wawancara eksklusif, Kipper mengatakan, Presiden Obama dan timnya harus mampu meyakinkan Partai Republik melalui langkah-langkah politik yang mencapai kesepakatan inklusif dengan Iran akan memainkan peran kunci dalam menjaga kepentingan nasional AS, terlepas dari efek lain yang sangat besar dan positif terhadap kawasan Timur Tengah.

Namun, ia memprediksi bahwa anggota kongres Partai Republik secara aktif akan menentang kebijakan Presiden Obama untuk mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran.

Presiden Iran Hassan Rouhani, menurut Kipper, lebih atau kurang menghadapi tantangan yang sama sebagai mitranya dari AS itu dan berada dalam posisi yang sama.

Presiden Iran, juga harus menjamin lawan-lawannya melalui penalaran politik yang menyabotase upaya-upaya untuk mencapai kesepakatan nuklir komprehensif yang akan bertentangan dengan kepentingan nasional bangsa Iran, kata ilmuwan Amerika. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014