Jakarta (ANTARA News) - Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atau biasa disebut KPI Awards akan dilaksanakan lagi untuk yang ke-8 kalinya pada 18 November 2014.

"Anugerah KPI tahun ini melombakan sembilan kategori," ujar Komisioner KPI Pusat Koordinator Bidang Pengawasan Isi Penyiaran Rahmat Arifin di Jakarta, Kamis.

Kesembilan kategori tersebut yaitu Program Anak, Program Sinetron, Program FTV, Program Berita, Program Talkshow, Program Presenter Talkshow, Program Feature Budaya (televisi dan radio), serta Program Peduli Perbatasan (televisi dan radio).

Penilaian terhadap sembilan kategori itu dilakukan oleh sembilan juri dari pihak KPI Pusat dan 18 juri independen yang diketuai oleh Seto Mulyadi.

"18 juri itu berasal dari berbagai kalangan diantaranya aktor Anjasmara, pengamat komunikasi Arie Junaedi, psikolog Kasandra Putranto, jurnalis Imam Prihandiyoko, dan anggota Komisi I DPR RI Arief Suditomo," kata Ketua Dewan Juri KPI Awards 2014 Seto Mulyadi.

Sebelumnya KPI telah menerima 150 program dari seluruh lembaga penyiaran dengan rincian 106 program televisi dan 44 program radio.

Semua program tersebut kemudian diseleksi oleh tim juri dari komisioner KPI Pusat, kemudian dipilih tiga nominasi terbaik dalam tiap kategori untuk selanjutnya diputuskan pemenangnya oleh 18 juri independen.

Acara malam penganugerahan KPI Awards 2014 akan disiarkan secara langsung dari Studio 5 Indosiar, Jakarta pada 18 November 2014 pukul 20.00-23.00 WIB.

KPI Awards 2014 juga akan dimeriahkan dengan penampilan artis ternama seperti Afgan, Rossa, Judika, Iis Dahlia, serta beberapa presenter berita seperti Senandung Nacita, Vivi Aleida, dan Rosianna Silalahi.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi pemicu bagi semua lembaga penyiaran untuk menyajikan karya yang bukan hanya menghibur tapi juga berbobot, informatif, dan mencerdaskan," tutur Seto.

Pewarta: Yashinta Difa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014