Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memerintahkan pemasangan potret wajah siswa-siswi sekolah Indonesia di seluruh ruangan di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Saya minta foto-foto siswa siswi sekolah kita dipasang di seluruh ruangan supaya kita yang bekerja di sini tahu untuk apa dan untuk siapa kita bekerja," kata Anies di Gedung A Kemdikbud Jakarta, Jumat (14/11).

Potret-potret siswa sudah terdapat di ruangan DSS (Disaster Situation Room) .

Di hampir setiap dinding kosong, dipasang potret anak-anak sekolah Indonesia, baik potret close up wajah atau potret kegiatan anak sekolah baik dengan atau tanpa menggunakan baju seragam.

Ia mengatakan bahwa tindakannya tersebut terinspirasi dari pembacaan puisi seorang anak sekolah saat deklamasi di Fakfak.

Ia ingin agar siswa-siswi sekolah di Indonesia menjadi berani dan bersemangat seperti anak yang membacakan puisi tersebut.

"Saya tidak mau anak-anak masuk sekolah jadinya malah takut dan tidak bersemangat, memang anak yang nurut itu memudahkan guru tapi sekolah tidak sepatutnya membentuk anak seperti itu," katanya.

Ia berharap agar seluruh elemen yang terlibat dengan Kemdikbud juga menjadi terinspirasi dengan potret anak-anak Indonesia tersebut.

Pemasangan potret dimulai dua pekan lalu diawali dari  ruangan-ruangan yang sering digunakan untuk pegawai kementerian.

Seluruh ruangan di gedung tersebut akan dipasang potret-potret dengan konsep yang sama.

Pewarta: Irene Renata
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014