counter

Pemerintah promosikan wisata Sulawesi

Pemerintah promosikan wisata Sulawesi

ilustrasi Wisata Makam Tana Toraja Sejumlah wisatawan menyaksikan makam batu masyarakat Tana Toraja yang berada di dinding tebing di desa Lemo, Makale Utara, Tana Toraja, Sulsel. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin) ()

Makassar dipilih karena sebagai salah satu kota besar di Indonesia Timur yang memiliki bandara internasional sehingga ada akses dari berbagai kota lain di Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan membangkitkan potensi kawasan Indonesia Timur untuk menggenjot target wisatawan mancanegera (wisman) sebanyak 9,5 juta orang pada tahun 2014 dan 20 juta orang pada 2020.

Salah satunya dengan mengundang 70 buyer (pembeli paket wisata) dari 15 negara di bursa wisata terbesar kawasan Indonesia Timur, Celebes Travel Mart (CTM) yang berlangsung pada 14-16 November, di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Makassar dipilih karena sebagai salah satu kota besar di Indonesia Timur yang memiliki bandara internasional sehingga ada akses dari berbagai kota lain di Indonesia," kata Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata, Tazbir melalui rilisnya, Jumat.

Dia menjelaskan pada ajang itu ada 100 peserta dari pelaku usaha di bidang pariwisata, baik hotel, travel agent, airlines, dan usaha pendukung pariwisata lainnya untuk mempromosikan paket wisata di Pulau Sulawesi dengan harga menarik terutama untuk musim liburan akhir tahun.

"Karena itu, pameran ini terbuka untuk umum. Pengunjung umum tetap bisa mendapatkan berbagai penawaran khusus," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jufri Rahman mengatakan selain paket wisata akhir tahun, pada ajang itu juga ada paket wisata minat khusus yang diberi nama "Deep and Extreme Celebes".

"Yang ditawarkan pada wisata jenis ini adalah wisata petualangan seperti wisata arung jeram, wisata bahari, dan olahraga menyelam," katanya.

Ketua DPD Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (Asita) Sulsel, Didi Leonardo Manaba menambahkan ajang itu merupakan kesempatan besar bagi para pelaku usaha wisata untuk bertemu langsung dengan kalangan agen travel luar negeri agar ada kesepakatan bisnis untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Sulawesi.

"Apalagi, sejumlah negara Eropa seperti Turki, Belanda, dan Prancis, yang wisatawannya senang petualangan memastikan akan datang," kata Didi.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Ribuan pengunjung padati wisata alam Tamborasi

Komentar