Hamburg (ANTARA News) - Wladimir Klitschko mempertahankan gelar mahkota dunia kelas berat untuk ke-17 kalinya, setelah pada Sabtu malam waktu setempat memukul roboh Kubrat Pulev pada ronde kelima, membukukan kemenangan KO ke-53 dalam karirnya.

Petinju berusia 38 tahun itu mendekati rekor petinju legenda, Joe Louis yang mempertahankan gelar kelas berat sebanyak 25 kali, ketika ia merobohkan petinju Bulgaria itu untuk keempat kalinya pada menit kedua 11 detik pada ronde kelima.

Petinju Ukraina itu sudah mempertahankan gelar IBF, IBO, WBA dan WBO dan merupakan juara kelas berat dunia, setelah membukukan kemenangan ke-63 dalam karirnya, demikian laporan AFP.

Pulev dua kali jatuh ke kanvas pada ronde pertama setelah menerima pukulan keras juara dunia itu.

Petinju dari Bulgaria itu dengan cepat bangkit lagi, dan berusaha berdiri stabil, untuk membuktikan bahwa ia masih sanggup bertanding, namun Klitschko kembali menyerangnya dengan cepat begitu peluang pertama terbuka.

Klitschko kembali menjatuhkan Pulev ke atas kanvas dengan menggunakan pukulan hook kiri pada ronde ketiga dan luka mulai terbuka pada alis mata kirinya. Tapi ia masih selamat setelah wasit Tony Weeks melakukan hitungan.

Klitschko menghajar muka Pulev dengan pukulan hook kiri pada ronde kelima dan ditambah pukulan lain sehingga petinju Bulgaria itu rubuh untuk keempat kalinya.

Kekalahan tersebut merupakan yang pertama bagi petinju berusia 33 tahun itu setelah sebelumnya menang KO 11 kali dari 20 kemenangan dalam karirnya.

Sementara, sudah lebih dari satu dekade ketika Klitschko kalah terakhir kali atas Lamon Brewster pada April 2004.



(Uu.SYS/C/A008/B/C003) 16-11-2014 08:34:59

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014