Muhammad Anis terpilih sebagai Rektor UI 2014-2019

Muhammad Anis terpilih sebagai Rektor UI 2014-2019

Rektor Universitas Indonesia terpilih Muhammad Anis memberikan keterangan kepada wartawan usai Debat Publik Calon Rektor UI di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (18/11). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA News) - Muhammad Anis terpilih menjadi rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2014-2019 pada pemilihan rektor yang digelar di Balai Sidang Kampus UI Depok, Selasa.

"Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis terpilih sebagai Rektor UI periode 2014-2019," kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Erry Riyana Hardjapamekas.

Anis yang sebelumnya menjabat sebagai Pejabat Rektor UI terpilih sebagai Rektor UI setelah memperoleh 12 suara dan mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Mohammad Nasikin dan Rinaldy Dalimi.

Kandidat nomor urut satu M Nasikin menduduki peringkat kedua dengan perolehan tujuh suara, sedangkan kandidat nomor urut tiga Rinaldy Dalimi hanya mendapat empat suara.

Pemungutan suara tersebut dipilih oleh seluruh anggota MWA yang terdiri dari unsur mahasiswa, masyarakat, dan karyawan UI.

Pemungutan suara tersebut juga diikuti oleh Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir yang juga tergabung sebagai anggota MWA.

Nasir memiliki hak suara sebanyak 35 persen atau setara dengan delapan surat suara.

Pemilihan Rektor UI ini berjalan sejak Agustus 2014 dengan penjaringan calon rektor. Pada tahap pertama dijaring sebanyak 27 calon rektor, tahap kedua dijaring menjadi tujuh calon rektor, dan terakhir menjadi tiga calon rektor.

MWA saat ini belum menetapkan kapan waktu pelantikan Anis sebagai Rektor UI.

Sebelum menjabat sebagai Pejabat Rektor UI pada 17 Mei 2013, Anis juga bekerja sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia. 

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar