Ini merupakan awal bagi kerja sama yang makin luas antara produser dan pekerja film Indonesia dan Tiongkok di masa datang,"
Beijing (ANTARA News) - Perum Produksi Film Negara (PFN) akan membuat film bersama perusahaan film Tiongkok Ocean Century Pictures (OCP) bertajuk "55 Times", dan ditargetkan tayang pada 2015.

Kesepakatan kedua pihak untuk bekerjsama memproduksi film tersebut dituangkan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani Dirut PFN Shelvy Arifin dan CEO OCP Ma Ke di Beijing, Selasa, disaksikan Duta Besar Republik Indonesia untuk RRT dan Mongolia, Soegeng Rahardjo.

"Ini merupakan awal bagi kerja sama yang makin luas antara produser dan pekerja film Indonesia dan Tiongkok di masa datang," kata Dubes Soegeng.

Utamanya, diharapkan akan semakin banyak produser film Tiongkok yang akan tertarik untuk melakukan syuting film di Indonesia, yang sangat terkenal dengan keindahan alam dan kreativitas masyarakatnya, katanya menambahkan.

Dubes Sogeng mengemukakan, peningkatan kerja sama di bidang perfilman akan semakin mendekatkan masyarakat Indonesia dan Tiongkok. "Tak kenal, maka tak saying," ungkap Duta Besar RI.

Hubungan antarmasyarakat kedua bangsa yang semakin erat melalui film, akan menguatkan kerja sama Indonesia dan Tiongkok, di bidang lain seperti pariwisata, ujarnya menekankan.

OCP adalah perusahaan film asal Chongqing yang antara lain telah memproduksi dua film layar lebar berbahasa Mandarin berjudul "The Break-Up" dan "The Suspicion".

Film "55 Times" merupakan film komedi yang produksi pertama antara Indonesia dan Tiongkok. Film itu diharapkan selesai pada paruh kedua 2015 dan tayang di bioskop kedua negara menandai pula 65 tahun hubungan Indonesia-Tiongkok.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014