Ajak anak membaca dengan cara kreatif, kata Mendikbud

Ajak anak membaca dengan cara kreatif, kata Mendikbud

Sejumlah siswa Sekolah Dasar membaca buku di Perpustakaan Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (11/9). (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan orangtua dan guru perlu menggunakan cara-cara kreatif untuk menumbuhkan kegemaran membaca pada anak-anak.

"Cara kreatif harus kita cari sekarang untuk mendorong anak jadi gemar membaca," katanya di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Ilmu pengetahuan terus berkembang bersama pergerakan zaman dan membaca merupakan salah satu cara untuk mengikuti perkembangannya.

Mendikbud mengatakan mengajak anak-anak untuk gemar membaca bukan hal yang mudah. "Peran orang tua dan guru sangat penting untuk mengajak anak-anak gemar membaca buku," katanya.

Ia lantas menuturkan pengalamannya semasa duduk di bangku Sekolah Dasar. Ketika itu dia belum gemar membaca dan orangtuanya menggunakan cara unik untuk menumbuhkan kegemarannya membaca.

Ketika banyak orangtua yang tidak mengizinkan anak-anak mengendarai sepeda, orangtua Menteri Anies memberinya kesempatan untuk bersepeda untuk mengunjungi perpustakaan.

"Saya diberikan kesempatan oleh orang tua untuk bersepeda, tetapi hanya boleh bersepeda untuk mengunjungi perpustakaan," ujarnya.

"Saya menjadi gemar membaca buku di perpustakaan, karena hampir setiap hari saya kesana menggunakan sepeda," tambah dia.

Ia juga menuturkan bahwa suasana tempat baca yang menyenangkan sangat penting untuk mendorong anak membaca dan menumbuhkan kegemaran anak membaca. (Kemdikbud/PIH/Seno Hartono)

Editor: Copywriter
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Gerobak Baca tingkatkan budaya literasi siswa

Komentar