SDSN: pemerintah perlu dorong efisiensi penggunaan energi

SDSN: pemerintah perlu dorong efisiensi penggunaan energi

Pimpinan Dewan SDSN ('Sustainable Development Solution Network'), Mari Elka Pangestu. (FOTO ANTARA/Wahyu Putro A)

Ini penting tidak saja bagi kualitas hidup masyarakat kita, tetapi juga memberi arah kebijakan energi Indonesia.
Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Sustainable Development Solution Network (SDSN) Indonesia mengatakan pemerintah perlu mendorong efisiensi penggunaan energi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Harus bisa dimanfaatkan secara efektif bagi pembangunan masa depan Indonesia," kata salah satu Pimpinan Dewan SDSN Indonesia, Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia penggunaan energi yang efisien akan memacu penurunan emisi karbondioksida yang merupakan pemicu munculnya efek gas rumah kaca. Tidak kurang dari 19 persen emisi karbondioksida di Indonesia berasal dari pembakaran bahan bakar fosil untuk energi di berbagai sektor ekonomi dan transportasi.

Sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan, kata dia, salah satu tantangan terbesar Indonesia adalah pengelolaan energi, tidak hanya untuk memenuhi peningkatan permintaan, tetapi juga meningkatkan efisiensi energi sehingga tidak membebani lingkungan hidup akibat emisi karbondioksida.

Untuk itu, kata dia, pemerintah harus berupaya membuat perubahan terkait pasokan dan komposisi permintaan energi salah satunya dengan mengalihkan sumber energi dari minyak dan batu bara ke gas alam.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan pemerintah untuk mendorong efisiensi penggunaan dan pengelolaan energi yakni memetakan dan mengidentifikasi program penurunan karbon di Indonesia.

"Ini penting tidak saja bagi kualitas hidup masyarakat kita, tetapi juga memberi arah kebijakan energi Indonesia ke depan," ujar mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2011--2014 itu.

Selanjutnya, katanya, pemerintah perlu mengidentifikasi pola kebijakan yang bisa menguntungkan dan mengembangkan teknologi yang cocok untuk kebutuhan Indonesia.

Kemudian, pemerintah perlu mengidentifikasi dan mengembangkan ide-ide konkret dalam memfasilitasi transisi ke energi yang berkelanjutan di Indonesia.

"Kita butuh pengembangan ide-ide untuk penelitian kolaboratif, demonstrasi dan proyek-proyek perencanaan strategis sehingga memberikan hasil yang nyata,"katanya.

(SDP-95)

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Mari Elka minta pemerintah gairahkan wisatawan domestik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar