Ada saat-saat yang sangat indah di beberapa narasi dan juri terkesan dengan struktur dalam setiap buku...
New Delhi (ANTARA News) - Penulis pemenang Penghargaan Pulitzer Jhumpa Lahiri adalah satu dari lima kandidat utama penerima penghargaan DSC, salah satu penghargaan sastra terbesar di Asia Selatan, menurut pengumuman daftar kandidat di London, Kamis.

Lima penulis yang masuk dalam daftar 2015 itu selangkah lebih dekat untuk memenangi hadiah senilai 50 ribu dolar yang diberikan kepada penulis novel terbaik tentang Asia Selatan yang diterbitkan atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Penulis laris kelahiran Afghanistan, Khaled Hosseini, yang novel terbarunya berjudul "And the Mountains Echoed", telah lama dinominasikan untuk masuk dalam daftar tersebut bersama sembilan orang lainnya, namun ternyata yang bersangkutan gagal masuk dalam daftar.

Jhumpa Lahiri, yang memenangi Penghargaan Pulitzer pada tahun 2000, masuk dalam daftar itu melalui novel terbarunya, "The Lowland", yang berkisah tentang dua bersaudara India yang bersatu dalam tragedi. Novel ini juga terpilih untuk penghargaan Man Booker tahun lalu.

Masuk juga dalam daftar itu adalah penulis Pakistan Kamila Shamsie dan penulis yang tinggal di London Romesh Gunesekera, yang merupakan finalis penghargaan Booker dua dasawarsa lalu.

Nama terakhir dalam daftar itu adalah novelis baru asal Pakistan Bilal Tanweer dan penulis India Shamsur Rahman Faruqi, yang dinominasikan untuk novelnya yang diterjemahkan dari bahasa Urdu.

Keki Daruwalla, ketua dewan juri, menggambarkan proses pemilihan itu sebagai "menantang dan memicu pemikiran".

"Ada saat-saat yang sangat indah di beberapa narasi dan juri terkesan dengan struktur dalam setiap buku dan cara karakter dikembangkan," kata Daruwalla dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Juri memilih finalis dari 75 novel yang diajukan untuk penghargaan yang sekarang memasuki tahun kelima itu. Pemenang akan diumumkan pada festival sastra tahunan di Kota Jaipur, India pada Januari.

Para finalis adalah:

* Bilal Tanweer melalui novel berjudul "The Scatter Here is Too Great" (Vintage Books/Random House)

* Jhumpa Lahiri melalui novel "The Lowland" (Vintage Books/Random House)

* Kamila Shamsie melalui novel berjudul "A God in Every Stone" (Bloomsbury)

* Romesh Gunesekera untuk novel berjudul "Noontide Toll" (Hamish Hamilton/Penguin)

* Shamsur Rahman Faruqi untuk novel berjudul "The Mirror of Beauty" (Penguin Books)

(Uu.G003) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014