Gol telat Busquets bawa Barcelona tundukkan Valencia 1-0

Gol telat Busquets bawa Barcelona tundukkan Valencia 1-0

Sergio Busquets (www.uefa.com)

Valencia, Spanyol (ANTARA News) - Gol telat yang dicetak gelandang Barcelona Sergio Busquets berhasil membawa timnya menundukkan Valencia 1-0 dalam laga lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia, Senin pagi WIB.

Gol tersebut dicetak Busquets tepat pada menit terakhir waktu tambahan babak kedua atau menit 94.

Berkat kemenangan tersebut Barcelona kembali ke peringkat kedua klasemen sementara La Liga, dengan koleksi 31 poin, setelah pada Minggu sempat tergusur oleh Atletico Madrid yang meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Deportivo La Coruna dan kini mengemas 29 poin.

Sementara Valencia yang menelan kekalahan dan kini mengoleksi 24 poin, harus rela posisinya di peringkat empat klasemen digusur oleh Sevilla yang baru saja mencukur Granda 5-1 dan telah mengantongi 26 poin.

Valencia sebetulnya jauh lebih banyak menciptakan peluang berbahaya ketimbang Barcelona di sepanjang babak pertama, meski penyerang badung Luis Suarez lebih dulu melepaskan tembakan mengarah tepat ke gawang saat menerima bola umpan dari Neymar, namun masih bisa diselamatkan penjaga gawang Diego Alves.

Di sisa babak pertama, Valencia bermain lebih efektif dengan menciptakan serangan berbahaya setiap berkesempatan memegang bola, meski tempo permainan dikuasai Barcelona, sayangnya tendangan kesempatan pertama Daniel Parejo pada menit 31 masih melambung tak tentu arah.

Menit 37, penjaga gawang Barcelona Claudio Bravo dibuat waswas lantaran gelandang Andre Gomes melakukan tusukan dan melepaskan tendangan kaki kiri yang hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Gomes kembali memperoleh peluang, bahkan sukses memperdaya Bravo di pengujung babak pertama, namun keputusannya melakukan tendangan langsung ke arah gawang justru menjadi bumerang, lantaran tidak tepat arah sementara sejumlah rekannya berdiri bebas di hadapan gawang.

Memasuki babak kedua, Barcelona berbalik memainkan serangan yang lebih efektif, sayang peluang mereka pada menit 58 melalui Suarez hanya menyambar bagian luar jala gawang.

Di sisi lain, Valencia juga tak mengendurkan semangat juang mereka dan balik mengancam melalui skema sepak pojok, namun bola tendangan Rodrigo berhasil disapu di garis gawang oleh Gerard Pique pada meniut 61.

Bravo akhirnya memperlihatkan peranan besarnya pada menit 72 dengan melakukan penyelamatan penting atas tembakan Sofiane Feghouli, yang diulanginya pada menit 79 menghalau tendangan kaki kiri Alvaro Negredo di sudut kanan gawang.

Kedua tim seolah bakal menyudahi laga dengan berbagi satu poin, namun petaka bagi tuan rumah terjadi pada menit-menit akhir pertandingan.

Menit 94, memanfaatkan bola muntah sundulan Neymar yang tidak diantisipasi dengan sempurna oleh penjaga gawang Diego Alves dan jatuh di hadapannya, Sergio Busquets membawa Barcelona unggul 1-0 atas Valencia.

Selepas gol tersebut, wasit David Fernandez Borbalan segera meniup peluit akhir pertandingan dengan kedudukan akhir kemenangan Barcelona 1-0 atas tuan rumah.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com

Valencia (4-3-3): Diego Alves (PG); Antonio Barragan, Shkodran Mustafi, Nicolas Otamendi, Jose Gaya; Daniel Parejo (Filipe Augusto), Javi Fuego, Andre Gomes; Sofiane Feghouli, Alvaro Negredo (Paco Alcacer), Rodrigo (Rodrigo de Paul)
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Jeremy Mathieu (Ivan Rakitic), Jordi Alba; Xavi (Rafinha), Sergio Busquets, Javier Mascherano; Luis Suarez (Pedro), Lionel Messi, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar