Saudi segera sosialisasikan e-hajj

Saudi segera sosialisasikan e-hajj

Petugas sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) melakukan pemeriksaan terhadap paspor calon haji (calhaj) Embarkasi Surabaya di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya. (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Saudi Arabia dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi tentang pemberlakuan sistem elektronik haji (e-hajj) kepada pihak otoritas penyelenggara haji Indonesia.

Indonesia dijadikan percobaan penggunaan e-hajj, kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHI Ahda Barori, di Jakarta, Selasa.

Sosialisasi ini sekaligus pula mengintegrasikan sistem informasi teknologi dan komunikasi (ITC) yang ada di Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU).

Hal yang sama juga dikemukakan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, yang dijumpai secara terpisah.

Menurut Sri, pemerintah Saudi Arabia sangat yakin Indonesia mampu melaksanakan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian dalam penyelenggaraan haji pada 2015, khususnya dalam penggunaan e-hajj.

Penerapan e-hajj oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi merupakan terobosan baru penyelenggaraan haji dan umrah. Saudi ingin pada 2015 teknologi yang dapat terintegrasi dengan berbagai negara itu mulai diaplikasikan.

E-hajj adalah sistem informasi haji dan umrah yang terintegrasi dengan sejumlah negara lain. Di Indonesia, implementasi e-hajj dikenal sebagai Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Pada 2015, Siskohat dan e-hajj sudah harus dapat terintegrasi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pihaknya akan mengerahkan "jago" IT untuk menyatukan Siskohat dengan e-hajj, sehingga azas transparansi dalam penyelenggaraan ibadah haji ke depan harus makin berkualitas, dan kegiatan ini adalah bagian dari reformasi penyelenggaraan haji.

Reformasi haji mencakup peningkatan pelayanan pendaftaran dan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), peningkatan pelayanan haji di dalam negeri dan luar negeri.
(E001)



Pewarta: Edy Supriatna Sjafei
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar