Solo (ANTARA News) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan dijadikan model pelaksanaan "green campus" di Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kata Rektor UNS Ravik Karsidi.

"Atas keberhasilannya di bidang tersebut, UNS mendapatkan penghargaan sebagai perintis kampus berwawasan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," katanya di Solo, Selasa.

Ia mengatakan penghargaan tersebut telah diberikan pada Sabtu (29/11) di Wonogiri, bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon dan Gerakan Penanaman satu miliar pohon.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Dikatakan UNS dinilai sebagai perintis kampus berwawasan lingkungan sejak ditetapkan sebagai pilot project green campus di Indonesia bersama beberapa kampus lain yaitu Universitas Patimura, Mataram, Cendrawasih, dan Universitas Hasanudin.

Ravik mengatakan bahwa UNS dinilai paling berhasil dalam melaksanakan program "green campus" dibandingkan perguruan tinggi yang dijadikan pilot project tersebut.

"Oleh karena itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan UNS akan dijadikan model pelaksanaan green campus di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan UNS juga telah memperoleh peringkat UI Green Matric ranking tujuh untuk kampus Indonesia yang ramah lingkungan. Komitmen UNS di dalam program kampus ramah lingkungan didasarkan pada kriteria yang termuat dalam regulasi UUPLH No.32 2009.

Dikatakan, berdasarkan kriteria dalam regulasi UUPLH tersebut UNS telah membangun beberapa fasilitas guna mendukung pelaksanaan green campus, di antaranya pembangunan pedestrian yang mengitari kampus.

Menyusun Amdal kawasan, penghematan energi dalam bentuk perubahan lampu listrik menjadi LED, waduk penampungan air, tools sosialisasi kampus ramah lingkungan, dan UNS telah menghibahkan sebagian lahan 0,1 hektare kepada Pemkot Surakarta untuk mendukung urban foresty.

Pencanangan kampus bebas rokok dan dalam kapasistas daya dukung pendidikan sudah dimulai untuk mengurangi penggunaan kertas seperti foto-copy bolak-balik.

"Saat ini UNS juga sedang menyusun pedoman penataan dan pemanfaatan bangunan yang berorientasi kepada kampus hijau, katanya.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014