counter

Air es membuat badan gemuk?

Air es membuat badan gemuk?

Ilustrasi (usu.edu)

Kalorinya nol.
Jakarta (ANTARA News) - Sebagian orang percaya bahwa bila terlalu sering mengkonsumsi air es maka berat badan akan meningkat alias gemuk. Namun ahli nutrisi menegaskan bahwa kepercayaan ini tak lebih dari sekedar mitos.

"Air es biasa tidak ada hubungannya dengan tubuh menjadi gemuk. Kalorinya nol," ujar Astri Kurniati ST MAppSc, Nutrition and Health Science Manager dari Nutrifood Research Center dalam peluncuran buku "101 Mitos Kesehatan", di Jakarta, Rabu.

Mengutip hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism tahun 2006 lalu, air es yang dikonsumsi tubuh justru akan dihangatkan sesuai dengan suhu tubuh, sehinga tidak mungkin membekukan lapisan lemak.

Itu sebabnya, lanjut Astri, orang tidak perlu khawatir menjadi gemuk selama air yang dikonsumsi adalah air bening dan tidak mengandung gula atau berkalori tinggi.

Justru dalam buku "101 Mitos Kesehatan", air es bisa membuat tubuh menjadi kurus. Hanya saja, strategi ini tidak akan seampuh olahraga teratur serta pola makan yang sehat.
 
Meminum air es bisa membakar kalori, tapi kalori yang dibakar sangat kecil sehingga bisa diabaikan.



Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Jamaah haji lewati pemindai suhu tubuh setiba di Tanah Air

Komentar