Sembako yang diberikan sebanyak 250 paket yang terdiri dari beras, minyak goreng dan gula pasir."
Jayapura (ANTARA News) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih menggelar kegiatan kunjungan kasih dan pemberian sembako serta bingkisan Natal kepada 250 orang janda se-Jayapura di gedung serbaguna Adonai Jalan Keheran Yahim Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Sembako yang diberikan sebanyak 250 paket yang terdiri dari beras, minyak goreng dan gula pasir," kata Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Immanuel Ginting di Kota Jayapura, Papua, Minggu malam.

Ia menyampaikan kunjungan kasih menjelang perayaan Natal dengan pemberian sembako serta bingkisan itu telah dilakukan pada Sabtu (6/12) pekan kemarin.

"Namun, sebelum pelaksanaan pemberian sembako dan bingkisan Natal, diawali dengan kegiatan ibadah bersama dan pemberian Alkitab kepada 250 orang janda se-Jayapura," katanya.

Ginting menjelaskan bahwa dirinya mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan untuk melakukan kunjungan kasih, penyerahan sembako dan bingkisan Natal.

"Ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari prajurit TNI khususnya Kodam XVII/Cenderawasih kepada para Janda se-Jayapura. Mereka para janda adalah wanita yang gigih dalam menjalani hidupnya, untuk menghidupi seluruh keluarganya dengan mengandalkan iman kepada Tuhan," katanya.

Untuk itu, lanjut Ginting, menjelang perayaan Natal tahun ini, Kodam XVII/Cenderawasih ingin berbagi kasih dengan mereka. "Sikap bersedia menolong, membantu dan meringankan beban orang lain, merupakan penjabaran dari nilai-nilai prajurit yang tertuang di dalam Delapan Wajib TNI, yakni prajurit harus menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya," katanya.

Ia menyambung,"Budaya seperti ini harus tetap kita pertahankan karena mengandung aspek kepedulian sosial yang sangat efektif guna melestarikan hubungan kekerabatan maupun persatuan dan kesatuan bangsa," lanjutnya.

Pada acara pelaksanaan kunjungan kasih itu, Ginting juga menjelaskan bahwasanya melalui kegiatan itu diharapkan TNI bisa membantu meringankan beban dan kesulitan para janda, disebabkan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat menjelang perayaan Natal.

"Apa yang telah kami berikan ini jangan dipandang dari nilainya, tetapi dilihat sebagai bentuk kepedulian dari prajurit Ksatria Pelindung Rakyat terhadap masyarakat yang ada disekitarnya terutama janda-janda di Jayapura," kata Ginting.

Sementara itu, secara terpisah Ibu Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Ny Qori Robert Jonso yang mewakili seluruh para janda se-Jayapura menyampaikan ucapkan terimaksih kepada Kodam XVII?Cenderawasih karena telah menggelar kegiatan tersebut dan bersedia meluangkan waktu untuk menjenguk juga memberikan bantuan berupa sembako serta bingkisan Natal.

"Terima kasih untuk TNI, yang selalu membantu kebutuhan atau keperluan para janda, apa lagi menjelang Natal dengan harga sembako yang sudah melonjak naik," kata Ny Qori.

Informasi yang diterima Antara, pada acara itu turut hadir Waaster Kasdam XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel Kav Edward Sitorus, Mama Feli Ketua Koordinator wanita para janda se-Jayapura dan Bapak Pendeta Hengki Fele. 

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014