Tangerang (ANTARA News) - Kasus HIV/ Aids di Kota Tangerang sejak tahun 2004 hingga 2013 didominasi oleh kelompok usia aktif terutama 20 tahun - 49 tahun.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di Tangerang, Jumat, mengatakan diperlukan sosialisasi penyusunan strategi dan rencana penanggulangan HIV/AIDS yang menyeluruh.

Begitu juga dengan komitmen dari semua pihak seperti lingkungan eksekutif, legislatif, pihak swasta dan masyrakat.

"Saya yakin kalau ini bisa dilakukan pada saatnya, kasus HIV/AIDS di Kota Tangerang akan semakin berkurang," ujarnya.

Ia menjelaskan penanggulangan masalah HIV/AIDS di Kota Tangerang memerlukan penanganan yang komprehensif dan berkesinambungan.

Pemerintah Kota Tangerang bersama elemen masyarakat dan sektor lainnya harus terus membangun sinergitas sehingga menghasilkan program-program yang dapat menanggulangi penyebaran HIV di Kota Tangerang.

Lalu, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) pun diharapkan dapat menghasilkan matrik rencana kerja dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS yang memuat program penanggulangan, populasi sasaran, lokasi, pelaksana dan sumber pendanaan yang terintegrasi dengan SKPD terkait.

Kemudian, Pemkot melalui beberapa SKPD seperti Dinas Sosial, Dinas Pol PP dan Disporbudpar telah melakukan berbagai sosialiasi terkait masalah HIV/AIDS serta penegakan Perda terkait pelarangan pelacuran.

"Kita juga rutin memberikan arahan dan sosialisasi bahaya AIDS/HIV ini kepada kaum muda sebagai bentuk pencegahan dini," ujarnya lagi. 08:25:44

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014