Bangka Barat bidik wisata sejarah dan budaya

... ini memang khusus dan mungkin saat ini tidak banyak peminatnya...
Muntok, Bangka Belitung (ANTARA News) - Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali, mengungkapkan pemerintah daerah setempat sengaja membidik sektor sejarah dan budaya sebagai unggulan pariwisata daerah yang berada di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Segmen ini memang khusus dan mungkin saat ini tidak banyak peminatnya, namun kami tetap yakin karena potensi objek wisata sejarah dan budaya tersebut tidak dimiliki daerah lain," kata Buati Zuhri di Muntok, Jumat.

Dia menjelaskan, sejarah pengasingan proklamator Indonesia dan sejumlah pejuang kemerdekaan pada tahun 1948 hingga 1949 di Pesanggrahan Menumbung dan Wisma Ranggam Muntok merupakan aset paling berharga untuk membangkitkan pariwisata daerah itu.

Selain sejarah itu, kata dia, sejarah pertambangan bijih timah, ekspor lada putih Muntok atau muntok white pepper, dan berbagai jenis budaya masyarakat yang didominasi etnis Melayu dan China di daerah itu juga menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

"Daerah ini bisa dijadikan sebagai lokasi penelitian dan pendidikan karakter bagi generasi muda Indonesia, segmen itu kami yakini akan membawa kemajuan pariwisata Bangka Barat," kata dia.

Pewarta: Donatus Putranta
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar