Ia pemain muda yang penuh dengan potensi dan bakat
Berlin (ANTARA News) - Wolfsburg akan memperkenalkan pemain tengah asal Tiongkok, Zhang Xizhe, sebagai pemain yang mereka kontrak dan ia akan menjadi pemain keempat dari Tiongkok yang bermain di kompetisi elit Liga Jerman (Bundesliga) -- dan kemungkinan masih akan bertambah.

Zhang mendarat ke Bandara Frankfurt, Sabtu, dan berada di antara ribuan penonton yang menyaksikan timnya bermain imbang 1-1 lawan Paderborn, Minggu, sehingga mereka berada di urutan kedua pada klasemen kompetisi Bundesliga, di bawah posisi Bayern Munich.

Pemain berusia 23 tahun yang ditransfer dari Beijing Guoan akan resmi menjadi pemain Wolves dalam beberapa hari ini, menyusul penyelesaikan surat administrasinya.

Pemain Muda Terbaik China 2012 ini merupakan satu-satunya pemain Tiongkok yang aktif di Liga Jerman, tapi bukan merupakan yang pertama.

Ia mengikuti jejak pendahulunya, Hao Junmin, yang bermain 14 kali untuk klub Schalke 04 pada 2010 dan 2011; Shao Jiayi, bergabung dengan 1860 Munich pada 2003, kemudian Energie Cottbus pada 2006; dan striker Yang Chen, yang bermain 65 kali dalam Bundesliga untuk Eintracht Frankfurt hingga 2001, mencetak 16 gol.

Zhang kini sudah mulai belajar bahasa Jerman.

Wolfsburg masih mengincar pemain dari kawasan sepak bola Timur Jauh.

"Kami selama ini memonitor sepak bola liga China serta tim nasional, dan banyak pemain yang menarik di sana," kata Direktur Sport "Wolves" Klaus Allofs dalam laman Bundesliga.com.

"Sepak bola Tiongkok masih berkembang tapi saya yakin banyak pemain bagus di sana," katanya sebagaimana dikutip Reuters.

"Sepak bola mereka akan berkambang. Xizhe, akan kami amati perkembangannya, kemudian kami putuskan apakah pemain bagus Tiongkok dapat beradaptasi ke Bundesliga," tambahnya.

Zhang tidak dikenal di luar Tiongkok, tetapi Wolfsburg berharap ia akan mampu mentranfer kehebatannya ke kompetisi Bundesliga.

Zhang di negaranya dikenal memiliki reputasi, sebagai pencetak gol dan pembangun serangan. Ia memainkan debutnya dalam kompetisi Liga Super Tiongkok pada 2010, membuat 11 gol melakukan 12 assist dalam 30 penampilannya pada musim 2013.

Ia bermain internasional 10 kali untuk Tiongkok dan mencetak satu dari dua gol pertamanya ketika mereka menang 6-1 lawan Singapura pada September 2013.

Wolfsburg yakin Zhang akan menunjukkan keampuhannya dalam sepak bola Jerman yang akan memasuki rehat musim dingin mulai Minggu depan sampai akhirnya Wolves main lagi pertama kali pada 2015 di kandang melawan Bayern Munich.

"Ia pemain muda yang penuh dengan potensi dan bakat," kata Allofs.

(Uu.A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014