Seri A330 telah membuktikan diri sebagai tipe pesawat yang tepat bagi model bisnis kami
Jakarta (ANTARA News) - AirAsia X, afiliasi penerbangan jarak jauh dari maskapai berbiaya rendah terbesar di Asia, telah memastikan memesan 55 unit pesawat A330neo dari Airbus, demikian rilis yang diterima ANTARA News, Selasa.

Pengiriman pesawat-pesawat tersebut akan dimulai pada tahun 2018.

"Kesepakatan terbaru bersama Airbus ini akan membantu AirAsia X mengkonsolidasi tingkat pertumbuhan kami pada 2015--2017 sebelum meningkatnya penerimaan pesanan mulai dari tahun 2018 dan seterusnya," kata Co-Founder dan Direktur AirAsia X Tan Sri Tony Fernandes, Selasa.

Menurut Fernandes, Airbus A330 akan memainkan peran kunci untuk mendukung AirAsia X tetap menjadi pemimpin pasar rute jarak jauh berbiaya rendah.

"Seri A330 telah membuktikan diri sebagai tipe pesawat yang tepat bagi model bisnis kami, yaitu mengkombinasikan biaya operasional rendah, kapabilitas terbang jarak jauh dan kenyamanan tingkat tinggi. Kami sangat antusias menyambut tingkat efisiensi yang bahkan akan lebih tinggi lagi dengan datangnya seri A330neo," tuturnya.

Pesanan tersebut merupakan pesanan solo terbesar untuk seri A330 hingga saat ini dan menetapkan AirAsia X sebagai pelanggan terbesar A330 secara global, dengan total pesanan sejumlah 91 unit.

Pengumuman AirAsia X ini mencakup pula penetapan Nota Kesepahaman (MoU) untuk 50 unit A330neo yang ditandatangani dalam acara Farnborough Air Show bulan Juli 2014 lalu, serta lima unit pesawat tambahan.

"Pesanan dari AirAsia X ini merupakan dukungan besar bagi A330neo sebagai pesawat paling hemat biaya di kelasnya," ujar Chief Operating Officer Customers Airbus, John Leahy.

"Dengan keberadaan A330neo dalam armadanya, AirAsia X akan diuntungkan oleh biaya operasional yang jauh lebih rendah sementara maskapai ini mengembangkan sayapnya dan membuka akses bagi lebih banyak orang untuk terbang. Kami antusias menyambut AirAsia X sebagai salah satu operator perdana dari versi terbaru seri A330 yang terkenal dengan kesuksesannya ini," tambahnya.

Seri A330neo paling hemat biaya di kelasnya dengan efisiensi penggunaan bahan bakar hingga 14% per kursi, peningkatan jarak terbang non-stop hingga 400 mil laut, dan biaya pemeliharaan terendah yang pernah ada.
(M047)



Pewarta: Monalisa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014