Mencapai Tonggak Sejarah Pemberian Hadiah Hingga 6 Juta Dolar yang Menandai Kemajuan Teknologi yang Akan Diberi Penghargaan pada Januari 2015

 LOS ANGELES  -- (Antara/BUSINESS WIRE)--  XPRIZE, pemimpin global dalam kompetisi hadiah insentif, hari ini mengumumkan bahwa batas akhir $30M Google Lunar XPRIZE secara resmi diperpanjang hingga 31 Desember 2016. Sebagai bagian dari perubahan jadwal ini, setidaknya satu tim harus menyediakan dokumentasi peluncuran terjadwal pada 31 Desember 2015, berlaku bagi semua tim yang akan mengikuti kompetisi ini.





"Kami terus melihat adanya kemajuan yang cukup signifikan dari tim-tim Google Lunar XPRIZE kami ini, yang baru-baru ini dipertujukkan dalam upaya meraih Milestone Prizes, di mana tim-tim tersebut memamerkan pencapaian teknologi mereka yang pada akhirnya akan mendukung misi mereka," kata Robert K. Weiss, wakil ketua dan presiden XPRIZE. "Kami menyadari misi yang kami berikan cukup sulit untuk dilakukan dan belum pernah dilakukan sebelumnya, bukan hanya dari segi teknologi, namun juga dari segi pertimbangan finansial. Untuk alasan inilah akhirnya kami memutuskan untuk memperpanjang waktu pelaksanaan kompetisi ini. Kami yakin kalau perekonomian baru secara keseluruhan pada akses ke Bulan yang hemat biaya akan menjadi hasil dari Google Lunar XPRIZE."





Untuk menghargai pencapaian teknologi yang diraih para tim baru-baru ini pada bidang Landing, Mobility dan Imaging, Google dan XPRIZE akan memberikan penghargaan $6M in Milestone Prizes pada 26 Januari 2015 pada sebuah event tertutup di California Academy of Sciences di San Fransisco. Dua tim telah diumumkan di mana Astrobotic (AS) memenangkan 500.000 dolar untuk kategori Mobility dan 250.000 dolar untuk Imaging Subsystem mereka, semua ditetapkan oleh sekelompok juri yang terdiri dari ahli industri di bidang sains, aeronautika, dan ruang angkasa yang menilai berdasarkan berbagai pengujian lapangan dan teknologi selama setahun belakangan ini. Selain Astrobotic, tim lain yang mengikuti kompetidi Milestone Prizes ini adalah Hakuto (Jepang), Team Indus (India), Moon Express (AS) and Part-Time Scientists (Jerman).




"Selama setahun belakangan ini, tim juri sangat terkesan dengan kemajuan yang ditunjukkan oleh kelima tim yang terpilih untuk bersaing di Milestone Prizes," kata David Swanson, ketua juri Google Lunar XPRIZE. "Tidak bisa dimungkiri lagi kalau eksplorasi luar angkasa meiliki segudang tantangan, namun antusiasme dan kerja tim yang ditunjukkan oleh para kompetitor ini menjadikan tantangan ini tidak ada apa-apanya, hanya dilampaui oleh keahlian teknik mereka yang mahir. Sebagai bagian dari proses ini, kami sangat senang memberikan penghargaan kepada Astrobotic atas pencapaian mereka dalam Kategori Mobility dan Imaging dan sangat menantikan saat-saat memberikan penghargaan tambahan Milestone Prizes di minggu-minggu berikutnya."




Mengikuti kompetisi Milestone Prizes adalah bagian pilihan dalam rangkaian Google Lunar XPRIZE. Tim-tim yang memilih untuk tidak mengikuti kompetisi Milestone Prizes masih tetap memiliki kesempatan untuk memenangkan Juara Utama atau Juara Kedua. Hadiah uang untuk pemenang kompetisi Milestone Prizes akan dipotong dari hadiah yang didapat oleh para tim jika mereka memenangkan Juara Utama ataupun Juara Kedua. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Milestone Prizes, silakan kunjungi : http://lunar.xprize.org/about/milestone-prizes.




 

Tentang Google Lunar XPRIZE $30M Google Lunar XPRIZE adalah kompetisi yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk menantang dan menginspirasi para insinyur dan wirausahawan dari seluruh dunia untuk mengembangkan metode eksplorasi luar angkasa robotik hemat biaya. Untuk memenangkan Google Lunar XPRIZE, tim yang didanai sendiri oleh anggotanya harus berhasil menempatkan sebuah robot di permukaan bulan yang menjelah sekurang-kurangnya 500 meter serta memancarkan gambar dan video dengan resolusi tinggi ke Bumi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.googlelunarxprize.org.

 

KONTAK : XPRIZE
Eric Desatnik, 310-741-4892
eric@xprize.org

 

Sumber : XPRIZE




Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.



Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014