Saya adalah presiden ketujuh, dan ini adalah ulang tahun LKBN ANTARA yang ke-77, dan masih ditambahi lagi Menkominfo namanya Pak Rudiantara, bonusnya banyak sekali ini Antara,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara di Wisma ANTARA, Jalan Medan Merdeka Selatan 17, Jakarta, Kamis malam.

Dalam sambutannya, Presiden sempat bergurau bahwa LKBN ANTARA memiliki banyak bonus dengan kedatangannya malam itu.

"Saya adalah presiden ketujuh, dan ini adalah ulang tahun LKBN ANTARA yang ke-77, dan masih ditambahi lagi Menkominfo namanya Pak Rudiantara, bonusnya banyak sekali ini Antara," kata Preaiden.

Presiden juga menyampaikan harapannya agar ke depan Antara bisa menjadi PR bangsa yang senantiasa menebarkan optimisme.

"Saya harapkan Antara memberikan kontribusi sebagai PR yang baik bagi negara. Selamat ulang tahun. Dirgahayu Antara," katanya.

Jokowi tiba di Wisma Antara sekitar pukul 20.00 WIB mengenakan kemeja batik lengan panjang warna hijau.

Pada acara puncak peringatan ulang tahun kantor berita nasional Indonesia itu, juga diserahkan "Antara Achievement Award 2014" dan sejumlah penghargaan kepada berbagai pihak.

"Antara AchievementAward" merupakan penghargaan dari LKBN Antara bagi sosok yang memiliki jasa besar bagi kemajuan bangsa Indonesia, dan memiliki capaian tinggi atas kerja kerasnya untuk negara.

"Antara Achievement Award" dianugerahkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai tokoh pilihan rakyat. Jokowi dinilai bukan hanya sekedar sebagai Presiden ke-7 tapi juga kepala negara dan kepala pemerintahan yang "menapak karir politik" dari kepala daerah di tingkat kota.

Sementara "Antara Award" yang merupakan penghargaan bagi tokoh-tokoh yang berprestasi dalam bidang tugasnya dan memberikan kontribusi bagi Indonesia dinerikan kepada kepala daerah mitra LKBN Antara antara lain Plt Gubernur Banten Rano Karno dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta empat kantor berita asing yang menjadi mitra LKBN Antara seperti Thomson Reuters, AFP, Bloomberg dan Bernama.

Dalam rangkaian peringatan ulang tahun LKBN Antara yang ke-77, juga diluncurkan buku "Catatan Pemerintahan Presiden 2004-2009 dan 2009-2014".

Acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 LKBN Antara juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Kantor Berita Antara didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat serangkai; Soemanang, Adam Malik, Pandu Kartawiguna dan Albert Manoempak Sipahutar.

Pada hari Proklamasi RI, 17 Agustus 1945, Antara yang zaman Jepang namanya diubah menjadi Domei, sebagai kantor berita perjuangan menyebarluaskan teks proklamasi ke seluruh penjuru dunia.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014