Kereta yang datang terlambat, yakni KA Mutiara Timur dan KA Probowangi,"
Jember (ANTARA News) - Perjalanan sejumlah kereta api di wilayah kerja PT Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, Sabtu terlambat karena kereta api yang mengangkut batu kricak anjlok di Gempol, Pasuruan.

"Kereta yang datang terlambat, yakni KA Mutiara Timur dan KA Probowangi," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember Sugeng Turnianto.

Kereta api kelas bisnis dan eksekutif Mutiara Timur malam jurusan Surabaya-Banyuwangi yang seharusnya tiba di Stasiun Jember pukul 01.30 WIB, ternyata tiba di Stasiun Jember pukul 08.30 WIB.

Sedangkan kereta api kelas ekonomi KA Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi tiba di Stasiun Jember sekitar pukul 13.00 WIB, padahal sesuai jadwal datang di Stasiun Jember pukul 08.40 WIB.

"Kami minta maaf atas keterlambatan rangkaian KA Mutiara Timur dan KA Probowangi di sejumlah stasiun wilayah Daop IX Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi," tuturnya.

Kereta api Angkut Balas (Ka AB) yang membawa 14 rangkaian gerbong bermuatan batu kricak anjlok di Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, sehingga menyebabkan dua gerbong terguling dan perjalanan sejumlah kereta terganggu.

Sejumlah penumpang yang hendak membeli tiket KA Probowangi di Stasiun Jember terpaksa membatalkan untuk menggunakan jasa kereta api, bahkan beberapa penumpang mengembalikan tiket dan kecewa.

"Saya terpaksa naik bus untuk menuju Banyuwangi karena KA Probowangi dikabarkan terlambat hingga lima jam, sehingga saya menggunakan moda transportasi lain," kata warga Jember yang hendak naik KA Probowangi, Suseno.

Sebagian penumpang KA Probowangi yang tetap memilih menggunakan kereta api terpaksa harus menunggu beberapa jam di Stasiun Jember, namun ada juga yang pulang lebih dulu sambil mengunggu informasi terkait dengan kedatangan kereta kelas ekonomi tersebut.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014