Sofyan Basir jadi Dirut baru PT PLN

Sofyan Basir jadi Dirut baru PT PLN

Dirut PLN yang baru Sofyan Basir memberi keterangan pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/12/2014). Pemerintah menetapkan Sofyan Basir menjadi Dirut PT PLN (Persero) untuk masa jabatan periode 2014-2019 menggantikan pejabat sebelumnya, Nur Pamudji. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Asf/14.)

...diharapkan beliau juga mampu memperkuat PLN dalam memberikan jasa kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok nusantara dengan tidak ada lagi pemadaman."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menetapkan Sofyan Basir menjadi Dirut PT PLN (Persero) untuk masa jabatan periode 2014-2019.

Pengangkatan Sofyan Basir yang saat ini menjabat Dirut Bank BRI tersebut dilakukan langsung Menteri BUMN Rini M Soemarno dan disaksikan Menteri ESDM Sudirman Said, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa.

Selain menunjuk Sofyan, pemegang saham juga menetapkan tujuh direktur lainnya yaitu Sarwon Sudarto, Nicke Widyawati, Supangkat Iwan Santoso, Amin Subekti, Amir Rosidin, Murtaqi Syamsuddin, dan Nasri Sebayang.

Sedangkan untuk posisi Dewan Komisaris diangkat Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama, dengan anggota komisaris Budiman dan Hasan Bisri.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, perombakan direksi PLN ini diharapkan memberikan tantangan baru bagi perseroan untuk meningkatkan kinerjanya dalam memenuhi kebutuhan listrik nasional.

"Pak Sofyan Basir, memiliki rekam jejak yang bagus saat membawa BRI hingga menjadi korporasi perbankan skala besar. Prestasi yang kami anggap bagus, sehingga diharapkan beliau juga mampu memperkuat PLN dalam memberikan jasa kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok nusantara dengan tidak ada lagi pemadaman," ujar Rini.


Profil

Sofyan Basir lahir di Bogor, 4 Mei 1959. Sebelumnya menjabat Direktur Utama BRI sejak tanggal 17 Mei 2005, dan terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada tanggal 20 Mei 2010 sampai dengan diangkat menjadi Dirut PLN.

Sofyan Basir malang melintang di industri perbankan, dimulai pada tahun 1981 di Bank Duta, tahun 1986 bergabung dengan Bank Bukopin, hingga akhirnya bergabung dengan BRI.

Meraih gelar Diploma dari STAK Trisakti, Jakarta (1980), gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta (2010), dan gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Trisakti, Jakarta (2012).

Telah mengikuti berbagai pendidikan serta pelatihan di bidang perbankan baik di dalam maupun luar negeri, diantaranya Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt); Eksekutif Manajemen Risiko, ABN Amro (Denpasar); Islamic Finance Forum (Swiss).

Selanjutnya, Seminar Business Continuity Planning, Ernst & Young; SESPIBANK (Jakarta); Strategy Development Session, IBM; dan Structuring Loans & Short Term, The Institute Banking & Finance.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Gandeng PLN, NTB perkuat riset olah sampah jadi listrik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar