Kano, Nigeria (ANTARA News) - Satu ledakan di pasar utama di Kota Bauchi Nigeria timur laut menewaskan tujuh orang dan melukai 25 lainnya di daerah yang berulang kali diserang oleh Boko Haram, kata polisi Selasa.

Ledakan Senin malam menyebabkan banyak pasar terbakar, termasuk di kawasan yang didominasi oleh para pedagang perempuan, menurut Palang Merah.

"Tujuh orang dikonfirmasi tewas sementara 25 lainnya mengalami berbagai derajat cedera, sedangkan enam telah dirawat dan dipulangkan, sementara 19 lainnya mendapat pengobatan," kata juru bicara polisi Mohammed Haruna.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi bahwa ledakan itu disebabkan oleh bom, tetapi gerilyawan Islam Nigeria memiliki catatan jejak panjang menargetkan pasar selama mereka melakukan pemberontakan lima tahun.

Muhammad mengatakan, sejumlah orang mencoba untuk merampok toko-toko di pasar dalam kekacauan yang setelah ledakan dan tujuh di antaranya telah ditangkap.

Para petugas penyelamat dan para saksi mengatakan mencapai para korban segera setelah ledakan itu tidak mungkin karena kebakaran bagaikan neraka mengamuk.

Pada paginya satu pemboman terjadi di stasiun bus di ibu kota tetangga negara Gombe menewaskan sedikitnya 20 orang, dengan Boko Haram dicurigai.

Konflik itu menewaskan lebih dari 13.000 jiwa dan memaksa lebih dari 1,5 juta orang dari rumah mereka.

Tanggapan Nigeria telah banyak dikritik, termasuk apa yang telah banyak digambarkan sebagai kegagalan militer untuk mengatasi kekerasan.

Presiden Goodluck Jonathan, yang menyelenggarakan pemilihan ulang pada 14 Februari, telah berulang kali berjanji untuk mengakhiri konflik, tetapi sejauh ini janji tersebut hampa tanpa bukti, demikian AFP.

(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014