Tanzania tangkap penyelundup gading gajah skala besar

Tanzania tangkap penyelundup gading gajah skala besar

ilustrasi Keluarga gajah berjalan di lapangan saat pelaksaan sensus di Taman Nasional Amboseli, sebelah tenggara ibukota Kenya, Nairobi, Rabu (9/11). Pemerintah Kenya dan Tanzania mengadakan penghitungan bersama gajah dan hewan mamalia besar lainnya dalam ekosistem bersama di daratan Amboseli-Kilimanjaro Barat dan Natron-Magadi. (REUTERS/Thomas Mukoya )

Dar Es Salaam (ANTARA News) - Tanzania telah menangkap seorang pengusaha Kenya yang diduga memperdagangkan gading dan permainan besar lainnya, kata polisi, Selasa.

Feisal Mohamed Ali, 47, ditangkap di Dar es Salaam Senin dengan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Interpol yang mencoba untuk melacak turun gerombolan bersenjata yang membunuhi gajah dan badak untuk dicuri gading dan culanya guna dikirim ke Asia untuk digunakan sebagai perhiasan dan obat-obatan.

"Pengusaha itu bekerja sama dengan polisi untuk menetapkan jika ia terlibat dalam kegiatan kriminal yang dituduhkan," kata Gustav

Babile, kepala Interpol di Tanzania, kepada Reuters, dan menambahkan penyelidikan masih berlangsung.

Polisi menduga Ali, dari kota pelabuhan Kenya Mombasa, adalah di balik sindikat perburuan gading internasional terkait dengan tiga-ton gading gajah hasil tangkapan yang di Mombasa pada Juni.

Perburuan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di seluruh Afrika.

Di Tanzania, 10.000 gajah tewas pada tahun 2013 saja, menurut Environmental Investigation Agency (EIA), kelompok pelestarian yang berbasis di London, demikian Reuters.


(Uu.H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Polda Riau ungkap jual beli gading gajah dan penambangan liar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar