London (ANTARA News) - Chelsea berhasil menundukkan lawannya West Ham United dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Jumat.

Laga tersebut menjadi pertandingan pembuka dalam rangkaian Boxing Day 2014, atau jadwal tiga laga dalam sepekan di penghujung bulan Desember hingga awal Januari yang menjadi agenda rutin Liga Inggris di tiap tahunnya.

Gol kemenangan Chelsea dicetak melalui sundulan kepala sang kapten John Terry pada menit 31 dan penyerang suburnya, Diego Costa menit 62. Dengan raihan gol tersebut, Costa kini sudah mengemas sedikitnya 13 gol di Liga Inggris sejak didatangkan Chelsea pada jendela transfer musim panas lalu.

Gol ke-13 Costa di Liga Inggris tercipta melalui skema serangan balik, memanfaatkan umpan salah sasaran dari gelandang West Ham Cheikhou Kpoouyate. Penyerang berdarah Brazil yang membela tim nasional Spanyol itu sempat melewati beberapa pemain bertahan lawan sebelum melesakkan bola demi menggandakan keunggulan Chelsea.

Hasil itu juga membuat Chelsea makin kokoh di puncak klasemen dengan raihan 45 poin, sementara unggul enam poin dari pesaing terdekatnya, juara bertahan Manchester City, yang baru akan melakoni laga Boxing Day menghadapi West Bromwich Albion.

Chelsea mendikte jalannya permainan sepanjang laga dengan mendominasi penguasaan bola 65 persen berbanding 35 persen.

Mereka sebetulnya banyak membuat peluang, mengingat dari sembilan tembakan tepat ke arah gawang, hanya dua yang menjadi gol.

Di sisi lain, West Ham yang hingga paruh musim ini cukup menampilkan performa yang mengesankan dengan mencapai peringkat empat klasemen sementara, justru seolah kehilangan pakem permainan kala menghadapi sesama tim asal London itu.

Anak-anak asuhan Sam Allardyce tidak sekalipun berhasil menemui sasaran dari enam kali percobaan tembakan yang mereka lepaskan.

Meski demikian, sebuah tendangan pemain pengganti Morgan Amalfitano di pengujung laga, sempat membuat publik Stamford Bridge sedikit terhenyak, pasalnya setelah ia berhasil memancing penjaga gawang Thibaut Courtois merangsek keluar dari zona nyaman ia melakukan sontekan, meski bola akhirnya membentur mistar gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir situs UEFA.com:

Chelsea (4-2-3-1): Thibaut Courtois (PG); Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Cesar Azpilicueta; Cesc Fabregas, Ivan Matic; Willian (Ramires), Oscar (John Obi Mikel), Eden Hazard; Diego Costa (Didier Drogba)
Pelatih: Jose Mourinho

West Ham United (4-3-3): Adrian (PG); Carl Jenkinson, James Collins, Winston Reid, Aaron Cresswell; Kevin Nolan, Mark Noble (Alex Song), Cheikhou Kouyate; Stewart Downing (Morgan Amalfitano), Andy Carroll (Diafra Sakho), Enner Valencia
Pelatih: Sam Allardyce

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014