Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI, Umar Arsal terus mendorong Kementerian Perhubungan dan Basarnas dalam pencarian hilangnya kontak pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501 saat dari Surabaya menuju Singapura.

"Tentunya kita berdoa agar pesawat tersebut bisa ditemukan. Kita berikan kepercayaan kepada pemerintah, tak lain Kementerian Perhubungan dan Basarnas untuk melakukan pencarian pesawat yang hilang kontak. Paling tidak menemukan kondisi pesawat agar keluarga para korban tidak resah," kata Umar Arsal, Jakarta, Minggu.

Kejadian hilangnya kontak pesawat AirAsia, menurut Ketua Divisi Tanggap Darurat DPP Partai Demokrat sebagai evaluasi pemerintah dalam mengatasi penerbangan di tanah air.

Salah satu yang perlu dilakukan yakni mengutamakan keselamatan para penumpang. Terlebih dalam mengatasi dan menghadapi cuaca buruk yang menjadi alasan pesawat air asia hilang kontak.

"Kalau alasan cuaca, seharusnya pihak bandara sudah dapat mendeteksi kondisi cuaca. Bagi kita kedepan DPR akan terus mendorong bagi keselamatan para penumpang khususnya bagi yang mengunakan maskapai penerbangan. Terpenting pemerintah jangan hanya mengejar volume atau pasar, tapi mengutamakan keselatan para penumpang," kata politisi asal Sulawesi Tenggara tersebut.

"Sekali lagi kita harapkan intansi terkait dapat memberikan yang terbaik bagi para penumpang. Jangan sampai menjadi presiden buruk bagi penerbangan tanah air kita dikemudian hari," kata Umar kembali.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014