Bantul (ANTARA News) - Petugas Pemungut Retribusi Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 72.565 wisatawan berkunjung ke objek wisata tersebut selama sepekan pertama liburan sekolah akhir Desember ini.

Koordinator TPR Parangtritis, Heri Marwanto di Bantul, Minggu mengatakan, untuk Pantai Parangtritis dan Depok yang merupakan satu paket kunjungan, jumlah wisatawan sejak Senin (22/12) hingga Minggu (28/12) sudah mencapai sebanyak 72.565 orang.

"Dari jumlah pengunjung itu, pendapatan yang diperoleh dalam rentang waktu tersebut mencapai sekitar Rp344,68 juta. Itu (tingkat kunjungan) sampai Minggu hingga pukul 13.00 WIB," katanya.

Menurut dia, puncak kunjungan ke objek wisata pantai selatan andalan Kabupaten Bantul itu terjadi pada Kamis, 25 Desember, dengan jumlah pengunjung 17.460 orang, atau pendapatan dari penarikan retribusi karcis sekitar Rp82,9 juta.

Ia mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis tersebut akan terus bertambah dalam beberapa hari terakhir, mengingat liburan sekolah masih berlangsung dalam sepekan mendatang, ditambah dengan libur akhir tahun 2014.

Oleh sebab itu, kata dia pihaknya akan menambah jumlah personel di TPR termasuk menyediakan TPR khusus di sisi selatan untuk melayani pengunjung roda dua, sementara pelayanan terhadap roda empat dan mobil pribadi di TPR induk.

"Saat ini petugas TPR belum ditambah, rencananya, penambahan petugas TPR di Parangtritis akan dilakukan pada malam tahun baru sekitar 50 orang, kami melihat situasi dan kondisi nanti," kata Heri Marwanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo mengatakan, total jumlah pengunjung untuk semua objek wisata di Bantul dalam sepekan terakhir mencapai 79.525 orang dengan jumlah pendapatan Rp365,4 juta.

Menurut dia, jumlah wisatawan tersebut mayoritas berkunjung ke Pantai Parangtritis yang sebanyak 72.565 orang, sementara objek wisata lain selain Parangtritis sekitar tujuh ribu orang dengan pendapatan sekitar Rp21 juta.

"Jika ditotal dengan pendapatan sebelumnya PAD Bantul di sektor pariwisata sampai Minggu sudah mencapai sekitar Rp9,52 miliar, tentunya kami sangat bersyukur," kata Bambang Legowo.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014