Gorontalo (ANTARA News) - Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, Sarini Sartika Gusti (23) merancang sebuah peta khusus tempat kuliner di Gorontalo.

Rancangan yang ditujukan untuk penelitian skripsinya itu memuat banyak informasi tentang kuliner yang bisa mempermudah masyarakat maupun wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

Dalam situs kulinergorontalo.com itu, Sarini menyajikan beberapa informasi seperti peta lokasi tempat kuliner, alamat, menu makanan, harga hingga rekomendasi menu favorit di setiap tempat.

"Sampel yang saya masukkan ke website baru ada 40 rumah makan, restoran hingga warung kuliner terkenal di Kota Gorontalo. Ke depan akan saya lengkapi lagi hingga ke toko kue dan tempat kuliner di tepi jalan," ujarnya.

Selain itu para peselancar di dunia maya juga bisa mencari informasi tentang kuliner sesuai kategori yang disediakan misalnya kategori kuliner khas Gorontalo, khas Padang, seafood, hingga khas Manado.

Pencarian juga bisa dilakukan berdasarkan kategori wilayah kecamatan atau kisaran harga makanan.

"Saya butuh waktu dua bulan untuk membuat program aplikasinya dan butuh masukan dari banyak pihak termasuk praktisi maupun pengusaha kuliner," katanya.

Aplikasi kreatif mahasiswa tersebut mendaoat respons positif dari sejumlah pihak.

"Saya jadi terbantu mengetahui di mana bisa mendapatkan makanan yang saya inginkan, sejauh ini infonya cukup lengkap," kata salah seorang warga Kota Gorontalo, Faradilah.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014