London (ANTARA News) - Masa kerja Tony Pulis di West Bromwich Albion diawali dengan kemenangan 7-0 atas tim non-liga Gateshead di putaran ketiga Piala FA pada Sabtu, sedangkan Leicester City mengalahkan Newcastle United yang sedang tidak memiliki pelatih.

Pulis ditunjuk sebagai pelatih kepala West Brom yang baru pada hari Tahun Baru menyusul pemecatan Alan Irvine, dan ia mengamati tim barunya melaju ke putaran keempat, di mana Saido Berahino menyumbang empat gol.

Penyerang Inggris U-21 tersebut, yang telah dikait-kaitkan dengan Liverpool, membuka kemenangan pada menit ke-42 di The Hawthorns sebelum Victor Anichebe menambahi gol kedua melalui aksi individunya pada fase akhir babak pertama.

Berahino melakukan dua penyelesaian berkelas pada awal babak kedua untuk melengkapi trigolnya, di mana Chris Brunt dan James Morrison menambahi dua gol lagi sebelum Berahino kembali mencetak gol untuk membuat dirinya total telah mencetak 13 gol pada musim ini.

"Saido Berahino merupakan pemuda yang sangat berbakat," kata Pulis. "Selalu akan ada spekulasi transfer dan Anda dapat melihat mengapa. Ia memiliki kecepatan yang bagus, keseimbangan yang hebat, dan mencetak gol demi gol."

"Namun ketika saya datang kemari, ketua tidak memiliki tawaran apapun untuk dia dan kami akan melakukan sekuat tenaga untuk berusaha dan mengembangkannya."

Ketika West Brom memiliki era baru dengan penampilan meyakinkan, Newcastle mengawali fase tanpa Alan Pardew, yang telah dikonfirmasi pindah ke Crystal Palace pada pagi hari, dengan hasil mengecewakan.

Dengan dua asisten pelatih Newcastle John Carver dan Steve Stone menjadi arsitek tim, Leicester meraih kesuksesan pada satu-satunya pertandingan antara dua tim Liga Utama Inggris pada Sabtu melalui tandukan penyerang Argentina Leonardo Ulloa pada menit ke-39.

Swansea City bergabung dengan Leicester di putaran keempat setelah menang 6-2 di markas tim strata keempat Tranmere Rovers.

Batefimbi Gomis menyumbang dua gol untuk pasukan Garry Monk, sedangkan Nathan Dyer, Tom Carroll, debutan Mo Barrow, dan Wayne Routledge juga mencetak gol.

Blyth Spartans dari tim strata ketujuh Liga Utama Inggris Utara terlihat akan memberikan kejutan terbesar pada hari itu, setelah mampu unggul 2-0 atas tim strata kedua Birmingham City berkat dua gol dari kapten Robbie Dale.

Hasil yang tertera di papan skor bahkan menarik perhatian mantan pemain Portugal dan Real Madrid Luis Figo, yang mulai mengikuti akun Twitter resmi Blyth melalui akun @LuisFigonya.

Rochdale kejutkan Forest

Namun tiga gol dalam rentang waktu enam menit membalikkan situasi, di mana Lee Novak memperkecil ketertinggalan pada menit ke-52 sebelum Wes Thomas menorehkan dua gol untuk membawa Birmingham berbalik unggul 3-2.

"Saya sangat bangga terhadap para pemain. Kami memainkan penampilan bagus di lapangan yang berlumpur, dan kami begitu dekat untuk memenangi pertandingan," kata pelatih Blyth Tom Wade.

"Kami hanya berharap bahwa kami dapat meraih lebih banyak penggemar sekarang."

Kejutan terbesar hari itu datang dari tim divisi ketiga Rochdale, yang menaklukkan juara dua kali Nottingham Forest dari Championship dengan skor 1-0 berkat penalti Peter Vincenti pada menit ke-12.

Sementara itu, Derby County, yang saat ini menghuni peringkat ketiga di Championship, memerlukan penalti Chris Martin pada fase akhir pertandingan untuk menyingkirkan tim strata kelima Southport dengan skor 1-0.

Juara bertahan Arsenal menjamu Hull City pada Senin pada ulangan final musim lalu, di mana klub London itu menang 3-2 untuk mengakhiri puasa gelar selama sembilan tahun, dan terdapat sejumlah ulangan final lainnya pada pertandingan-pertandingan putaran ketiga.

Sunderland menjamu Leeds United (1973) pada Minggu, sedangkan Tottenham Hotspur berhadapan dengan Burnley (1962) pada keesokan harinya.

Sementara itu, Liverpool mendatangi tim strata keempat AFC Wimbledon pada Senin untuk pertandingan yang mengingatkan pada kesuksesan tim Wimbledon yang asli pada final 1988.

Pemuncak klasemen Liga Utama Inggris Chelsea dan Manchester City memasuki kompetisi ini dengan menghadapi lawan dari strata kedua pada Minggu, di mana Chelsea menjamu Watford dan City menjamu Sheffield Wednesday.

Palace melawat ke markas tim strata kelima Dover Athletic untuk pertandingan pertama mereka sejak Pardew diangkat sebagai pelatihnya.

Manchester United mendatangi kandang tim strata ketiga Yeovil Town, sedangkan pertandingan keempat sekaligus terakhir yang mempertemukan dua tim Liga Utama Inggris menampilkan Everton menjamu West Ham United pada Selasa.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015