Gempa bumi guncang Padangpanjang

Pariaman (ANTARA News) - Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, dua kali diguncang gempa bumi, dengan kekuatan 3,4 skala Richter (SR), pada Senin.

"Gempa hanya berselang satu jam," kata Staf Analisis BMGK Padangpanjang, Irma, saat dihubungi dari Pariaman, Senin.

Ia menjelaskan, gempa bumi mengguncang Padangpanjang pertama terjadi sekitar pukul 09.39 WIB dengan kekuatan 3,4 SR, kemudian sekitar pukul 10.40 WIB dengan kekuatan 3,4 SR.

"Guncangan gempa hanya dalam kekuatan kecil, ada sebagian masyarakat merasakan gempa guncang Padangpanjang tersebut," ujarnya.

BMKG belum bisa memprediksi akan terjadi gempa susulan, namun jika terjadi gempa hanya kekuatan kecil saja.

"Gempa terjadi di Padangpanjang tersebut dirasakan warga Padangpanjang, serta Kabupaten Tanah Datar," katanya menjelaskan.

Berdasarkan data BMKG, gempa pertama mengguncang Padangpanjang ini berkekuatan 3,4 SR dengan lokasi 0,55 Lintang Selatan, 100,47 Bujur Timur (BT) kedalaman 10 Km dengan jarak 13 Km Tenggara Kota Padangpanjang.

Gempa kedua terjadi sekitar pukul 10.40 WIB, kekuatan 3,4 SR berlokasi 0,49 Lintang Selatan, 100,5 Bujur Timur (BT) kedalaman 10 Km dengan jarak 13 Km Tenggara Padangpanjang.

Sementara itu Arif salah seorang warga Batusangkar saat dihubungi menyatakan warga merasakan guncang gempa yang terjadi di Padangpanjang.

"Kota Padangpanjang dua kali terjadi gempa, hanya berselang satu jam gempa mengguncang kota itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, guncang gempa dua kali dirasakan warga hanya dengan kekuatan kecil, namun tidak merasa khawatir saat gempa tersebut,

"Gempa bumi yang mengguncang Kota Padangpanjang cukup mengejutkan warga yang akan memulai aktivitasnya dan gempa ini menjadi pertama di awal Januari 2015," katanya.

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar