Dengan adanya hutan kota, daerah Bogor bisa menjadi rumah bagi burung,"
Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, akhirnya mampu mewujudkan hadirnya hutan kota di daerah tersebut sehingga menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) yang belum mencukupi 30 persen.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Irwan Riyanto, mengatakan hutan kota yang sedang dalam proses pembangunan terletak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal.

"Insyaalah, tahun ini hutan kota selesai pembangunannya," kata Irwan, di Bogor, Selasa.

Dijelaskannya, hutan kota dibangun di area seluas sekitar 1,2 hektar, dengan menggunakan dana bantuan dari Provinsi Jawa Barat sebesar Rp1,5 miliar.

Proses pembangunan hutan kota telah dilakukan sejak September 2014 lalu, hingga kini pengerjaan sudah tahap finalisasi.

Selain ditanami ratusan pepohonan, hutan kota juga dilengkapi fasilitas seperti jalan setapak, tempat duduk, serta beberapa fasilitas bermain untuk anak-anak.

"Sehingga masyarakat bisa menikmati suasana sejuk di bawah pepohonan yang rindang, juga bisa dimanfaatkan sebagai taman bersantai dan bermain anak-anak," katanya.

Menurutnya, dipilihnya kawasan Jalan Ahmad Yani sebagai hutan kota di Kota Bogor, karena di daerah tersebut sudah ditanami banyak pohon-pohon yang hingga kini masih terawat.

Selain itu, lokasi tersebut sangat cocok dijadikan sebagai koridor burung, yang mana saat ini migrasi burung di Kota Bogor sudah mulai hilang.

"Dengan adanya hutan kota, daerah Bogor bisa menjadi rumah bagi burung," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015