Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyakini di masa mendatang investasi sektor logistik akan meningkat nilainya.

Franky Sibarani kepada Antara, di Jakarta, Kamis, menjelaskan  pemerintah sudah menetapkan rencana pembangunan infrastruktur strategis yang dapat mendukung berkembangnya Sislognas sepanjang 2015--2019.

"Program tol laut akan berimplikasi pada pembangunan pelabuhan yang dapat menggerakkan investasi sektor logistik," katanya.
(Baca juga: BKPM dukung perbaikan Sislognas melalui PTSP Nasional)

Bidang usaha yang termasuk sektor logistik antara lain angkutan laut domestik untuk penumpang dan barang, angkutan udara untuk penumpang dan barang, jasa kebandarudaraan, penanganan kargo, pergudangan, kurir, jasa pendukung angkutan air dan angkutan lainnya serta sektor telekomunikasi tanpa kabel dan lainnya.

Data BKPM menunjukkan realisasi investasi di sektor logistik dalam empat tahun terakhir relatif stabil. Pada 2011, realisasi investasi untuk penanaman modal asing (PMA) mencapai 3,79 miliar dolar AS, sementara penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp8,13 triliun.

Pada 2012, realisasi investasi di sektor logistik PMA mencapai 2,8 miliar dolar AS dan PMDN mencapai Rp8,61 triliun. Setahun berselang, realisasi PMA mencapai 1,44 miliar dolar AS dan PMDN Rp13,18 triliun.

Sedangkan pada 2014, sepanjang Januari--September, realisasi PMA mencapai 2,80 miliar dolar AS dan PMDN mencapai Rp9,8 triliun.

(A062)

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015