Lebih dari 1,6 juta turis melancong ke NTB

Lebih dari 1,6 juta turis melancong ke NTB

Wisata Bawah Air NTB (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)


Mataram (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebutkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa pada tahun 2014 mencapai 1,6 juta orang.

"Kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara meningkat dari tahun sebelumnya. Jika di tahun 2013 kunjungan mencapai 1.357.602, maka di tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan 1.629.122 orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Muhammad Nasir, di Mataram, Jumat.

Dari total 1.629.122 orang itu, wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 752.306 dan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 876.816.

"Peningkatan kunjungan ini cukup signifikan," ujarnya.

Kata dia, angka kunjungan itu didapatkan dari pintu masuk ke daerah itu, seperti laporan hotel, asosiasi, dan kabupaten/kota. Termasuk, pintu masuk lain seperti Pelabuhan Lembar, Bandara Internasional Lombok (BIL), Kawasan 3 Gili, Pelabuhan Badas, Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III, Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin, Pelabuhan Bima dan Sape.

Nasih menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sebenarnya menargetkan kunjungan wisatawan hingga akhir tahun 2014 sebanyak 1,4 juta orang.

"Target Pemprov NTB sesuai RPJMD adalah 1.469.597 orang hingga akhir tahun 2014. Dengan pencapaian tersebut, berarti NTB sudah melampaui sasaran," ucapnya.

Lebih jauh, mantan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB ini, menyatakan mayoritas wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke NTB, di antaranya dari Prancis, Belanda, dan Australia.

Sedangkan, untuk wisatawan nusantara, Pulau Jawa masih mendominasi. Peningkatan kunjungan wisatawan ini dikarenakan potensi pariwisata yang menarik di Lombok dan Sumbawa yang menjadi daya pikat wisatawan. Termasuk, acara-acara budaya juga menjadi daya tarik wisatawan.

Oleh karenanya, berdasarkan data yang ada, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 1,7 juta orang.

"Target kunjungan di tahun 2015 sudah ditetapkan dalam RPJMD sebanyak 1.705.400 juta wisatawan. Rinciannya wisatawan mancanegara sebanyak 697.363 dan wisatawan nusantara sebanyak 1.008.037," sebut mantan Kepala Biro Kerja sama Setda NTB ini.

Namun, untuk mencapai angka tersebut, menurut Nasir bukanlah pekerjaan yang mudah, karena Pemprov NTB terus melakukan pembenahan di berbagai sektor pariwisata.

Bagaimana pemasaran yang dilakukan harus intens dan berkualitas, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Penataan destinasi yang terus dibenahi. Selain itu soliditas berbagai asosiasi pariwisata, pelaku wisata, pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat harus ditingkatkan.

Untuk diketahui, Pemerintah NTB melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, terus menggaungkan program akbar di tahun 2015, yaitu Tambora Menyapa Dunia. Peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora. Agenda akbar ini dilaksanakan selama satu tahun penuh dimana puncak acara Tambora Menyapa Dunia jatuh pada 11 April 2015 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Dompu.

(KR-NIA)



Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2015

PLN alih kelola 94 titik penerangan di Pantai Tanjung Bias Lombok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar