Roma (ANTARA News) - Kapten Roma, Francesco Totti, menyelamatkan muka timnya dengan mencetak dwigol dalam Derby della Capitale atau derby ibu kota melawan Lazio yang berakhir imbang 2-2 untuk laga pekan ke-18 Liga Italia Serie A di Stadion Olimpico, Roma, Minggu.

Kedua gol Totti ia cetak pada menit 48 dan 64 Derby della Capitale edisi 141 di kancah Serie A tersebut, membatalkan keunggulan dua gol yang sudah dimiliki Lazio saat mengakhiri babak pertama.

Dua gol Lazio dicetak oleh Stefano Mauri dan Felipe Anderson pada menit 25 dan 29.

Hasil tersebut membuat Roma tertahan di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 40 poin, setara dengan pemuncak klasemen, Juventus (40), yang baru akan melakoni laga pekan ke-18 dengan melawat ke kandang Napoli (30), Senin pagi WIB.

Sementara bagi Lazio (31), kegagalan meraih tiga poin penuh membuat mereka bisa saja tergusur dari peringkat ketiga apabila Napoli berhasil mengalahkan Juventus.

Laga dimulai dengan penampilan meyakinkan dari Lazio, yang mengambil inisiatif serangan sejak awal.

Meski, tendangan lengkung Antonio Candreva pada menit 12 belum tepat sasaran, Lazio tak menunggu lama untuk gol pertama lahir Mauri memperolehnya pada menit 25.

Setelah Felipe Anderson berhasil merebut bola dari Radja Nainggolan, ia melakukan penetrasi dari sisi kiri sebelum menusuk ke dalam dan mengirim bola ke Mauri, yang segera disambut dengan tendangan sentuhan pertama untuk menaklukkan penjaga gawang Morgan de Sanctis.

Kalang kabut tertinggal satu gol, kelengahan Roma dimanfaatkan dengan baik oleh Lazio. Tiga menit berselang dari gol pertama, giliran Felipe Anderson yang menerima umpan matang dari tumit Mauri dengan melepaskan tembakan kaki kiri untuk mengoyak gawang De Sanctis untuk kedua kalinya.

Roma memasuki ruang ganti dalam keadaan tertinggal dua gol, dan Rudi Garcia agaknya memberikan ceramah panjang yang kemudian menjadi titik balik penampilan Pasukan Serigala itu.

Pasalnya, babak kedua ia menarik keluar Nainggolan dan mengirim masuk Kevin Strootman, yang segera berpengaruh dalam permainan. Ia juga menggantikan Alessandro Florenzi dengan Adem Llajic.

Gelandang serang asal Belanda itu melepaskan umpan matang tiang jauh, di mana sang kapten menyambut dengan tendangan matang ke arah gawang Federico Marchetti untuk mengubah kedudukan menjadi 1-2 di menit 48.

Meski berhasil memperkecil kedudukan, Roma bukan berarti segera membalikkan keadaan, Pasukan Biru Langit berusaha untuk meneror barisan pertahanan mereka, namun sepakan Juan Iturbe pada menit 52 bisa dihalau pemain belakang Kostas Manolas dan tendangan Mauri pada menit 59 menghantam mistar gawang.

Justru enam menit berselang, Totti memperoleh gol keduanya menyambut umpan silang Jose Holebas dengan tendangan sentuhan pertamanya di sudut sempit sekaligus menyamakan kedudukan.

Kedudukan 2-2 bertahan hingga laga usai, setelah di sisa waktu permainan kedua tim tak banyak menciptakan peluang berbahaya.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut, sebagaimana dilansir UEFA.com.

Roma (4-3-3): Morgan de Sanctis (PG); Maicon, Kostas Manolas, Davide Astori, Jose Holebas; Miralem Pjanic, Daniele de Rossi, Radja Nainggolan (Kevin Strootman); Alessandro Florenzi (Adem Llajic), Francesco Totti, Juan Iturbe (Mattia Destro)
Pelatih: Rudi Garcia

Lazio (4-3-3): Federico Marchetti (PG); Dusan Basta, Stefan de Vrij (Luis Pedro Cavanda), Lorik Cana, Stefan Radu; Marco Parolo, Lucas Biglia, Stefano Mauri; Antonio Candreva, Filip Djordjevic (Miroslav Klose), Felipe Anderson (Ogenyi Onazi)
Pelatih: Stefano Pioli.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015