Jakarta (ANTARA News) - Asupan garam yang berlebih bisa membahayakan kesehatan, di antaranya menyebabkan naiknya tekanan darah yang mengarah pada stroke, kanker perut, osteoporosis, obesitas, demensia vaskular, dan asma.

Jadi, mengurangi asupan garam dalam menu harian merupakan hal penting. Berikut beberapa cara mudah untuk membantu Anda mengurangi asupan garam, seperti dilaporkan Boldsky.com:

1. Pilih bahan makanan segar

Tidak perlu ragu untuk memasak makanan sendiri, karena Anda dapat tetap menjaga takaran garam dalam makanan.  Di samping itu, hindari makanan olahan karena mengandung kadar gula cukup tinggi. Memilih dan memasak makanan yang segar merupakan satu cara terbaik mengurangi asupan garam.

2. Pilih makanan secara bijak

Anda harus mampu memahami makanan beku (dalam lemari pendingin) lebih baik ketimbang makanan yang diawetkan, karena makanan yang diawetkan menggunakan garam sebagai pengawet.  Sementara itu, pilihlah resep masakan yang menggunakan sedikit garam.

3. Waktu menaburkan garam

Bagaimana saat Anda menaburkan garam sangatlah penting. Sebaiknya taburkan garam pada makanan sesaat sebelum makanan itu dihidangkan sehingga takarannya bisa memuaskan selera Anda. Di samping itu, ini merupakan cara terbaik mengurangi asupan garam.

4. Takar dengan tepat

Merupakan ide bagus untuk menakar jumlah gram yang ditambahkan saat Anda memasak. Jika dalam resep tertulis  takaran garam yang harus digunakan sesendok teh, maka sebaiknya masukkan garam lebih sedikit dari itu dan tambahlah sedikit lagi jika memang diperlukan.

Di samping itu, memakan makanan dalam porsi yang lebih sedikit dapat membantu Anda mengurangi asupan garam.

5. Alihkan rasa

Bahan seperti lemon dan cuka dapat membantu mengalihkan indera perasa Anda pada garam. Kedua bahan ini dapat membantu menghilangkan asupan garam sama sekali. Rempah-rempah kering, bawang putih juga merupakan pilihan yang dapat Anda coba.

6. Memanggang makanan

Satu alasan utama bagi orang menambahkan garam adalah rasa yang hambar. Untuk menghindari tambahan garam, lebih baik untuk memanggang makanan. Ini akan memastikan rasa manis sayuran, misalnya lebih kuat.

Penerjemah: Lia Wanadriani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015