Kotabaru (ANTARA News) - Mantan Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan periode 2009-2014 yang juga mantan kader Partai Demokrat, Muhammad Iqbal Yudianoor, resmi melamar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk diusung menjadi calon Bupati Kotabaru pada Pemilihan Umum Kepala Daerah akhir 2015.

"Hari ini, kami menyerahkan berkas pendaftaran ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk diusung menjadi calon Bupati Kotabaru," kata Iqbal di Kotabaru, Selasa.

Selain menyerahkan berkas dirinya, dia  juga menyerahkan lampiran visi dan misi apabila terpilih menjadi calon Bupati dari PDIP.

Agar mendapatkan dukungan sekitar 20 persen dari anggota DPRD Kotabaru, Iqbal mengaku sudah melamar ke tujuh partai politik yang memiliki wakil di DPRD Kotabaru, termasuk Partai Bulan Bintang, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Nasional Demokrat.

Iqbal mengaku masih memerlukan dukungan dari anggota DPRD sebanyak tiga orang lagi, apabila dia nanti diterima PDIP untuk diusung menjadi calon bupati pada akhir 2015.

"Kami sudah siapkan tiga kursi, apabila kami diusung PDIP yang memiliki empat kursi," terang Iqbal, yang tidak bersedia menyebutkan dari partai mana tiga dukungan itu berasal.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kotabaru, Zulkifli AR, mentatakan, saat ini PDIP memiliki empat wakilnya yang duduk di DPRD Kotabaru periode 2014-2019.

Dia juga menjelaskan, PDIP masih menunggu lima pelamar untuk mengembalikan berkas yang berakhir 30 Januari 2015, baru melakukan survei ke masyarakat di daerah.

"Indikator survei meliputi, popularitas dan elektabilitas untuk lima kandidat. Dan hasilnya akan disampaikan pada musyawarah pimpinan anak cabang, guna diteruskan kepada Pimpinan Daerah Kalsel," tambahnya.




Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015