Vuclip Menembus 5 Juta Pelanggan Bulanan; Seluler Menjadi Platform Pilihan untuk Pemirsa Konsumen yang Bertumbuh

MILPITAS, CA, 19 januari 2015 - (Antara) - Vuclip, perusahaan video dan media seluler independen terbesar di dunia, hari ini melaporkan tren video seluler paling signifikan selama tahun 2014 termasuk video seluler yang berkaitan dengan perilaku konsumen, konten populer dan sistem operasi serta perangkat seluler. Juga perlu dicatat bahwa Vuclip mengalami pertumbuhan pelanggan yang pesat untuk produk premiumnya dan telah menembus 5 juta pelanggan bulanan yang saat ini menikmati konten video unbuffered premium panjang maupun pendek.

Tiga Tren Video Seluler Teratas 2014

Berikut adalah tren teratas tahun tersebut dalam perilaku konsumen yang berkaitan dengan menonton video:
  • Seluler menjadi layar pertama dan pilihan -- 67 persen dari 12.000 responden survei global memilih seluler sebagai metode utama mereka untuk menonton film, video musik, dan tayangan TV favorit, sementara hanya 20 persen laki-laki dan 29 persen perempuan masih memilih televisi.
  • Orang-orang menghabiskan semakin banyak waktu untuk menonton video seluler -- 80 persen responden menonton video seluler sedikitnya sekali setiap 2-3 hari, dengan lebih dari separuh memilih untuk menonton secara harian. 85 persen laki-laki dan 75 persen perempuan mengatakan bahwa mereka akan menambah lagi waktu mereka menonton video di perangkat seluler di masa mendatang.
  • Pengalaman keseluruhan, dari menonton secara unbuffered sampai kemudahan membayar, adalah sangat penting -- 73 persen laki-laki dan 61 persen perempuan mengatakan bahwa sangatlah penting bahwa video tidak di-buffer saat mereka menontonnya; dengan 54 persen laki-laki dan 49 persen perempuan mengatakan bahwa mereka bersedia membayar untuk mengunduh video hanya demi menghindari buffering. 65% laki-laki dan 54% perempuan lebih memilih kemudahan membayar melalui operator seluler untuk membeli video seluler; diikuti masing-masing melalui pembayaran kredit/toko dan pembayaran net banking.

Konten Regional Populer & Istilah Pencarian dalam Q4 tahun 2014

Untuk kuartal yang lalu ini, konsumen dari Asia Tenggara, Timur Tengah, dan sub-kontinen India masih terus menggemari film berfokus pasar, siaran, dan lagu-lagu. Berikut ini adalah beberapa data spesifiknya:
  • Pengguna di India mengonsumsi beragam konten selama kuartal yang lalu ini, mulai dari klip yang membandingkan aktris Bollywood Katrina Kaif dan Deepika Padukone dalam film baru mereka sampai video tentang dua gadis Bangalore yang menghajar dua orang penunggang sepeda motor yang mengganggu mereka, dan juga trailer Bollywood serta ulasan film lainnya.
  • Pemirsa Timur Tengah menonton banyak klip dari season ketiga Arab Idol, dan juga acara baru dari MBC seperti Desert Force, Driven, Al Hokm, dan Happens in Egypt. Juga, selama kuartal yang lalu ini, Vuclip memperkenalkan konten Tagalog, yang mendorong musik Tagalog dan hiburan TV masuk ke dalam genre top yang dikonsumsi di wilayah ini.
  • Asia Tenggara memperlihatkan bangkitnya kembali minat terhadap grup pop lokal Geisha menjelang tayangan live hari jadinya yang ke-10, selain pernikahan selebriti terkenal Raffi dan Gigi, dan juga konten olahraga dan gosip seperti biasanya.
Selain itu, istilah pencarian yang paling banyak digunakan juga memberikan gambaran saat ini tentang apa yang ada dalam pikiran para pemirsa selama kuartal ini. Selebriti selalu dicari:

               
   India                        Timur Tengah         Indonesia
1. Deepika                  Jennifer Lopez       Kim Kardashian
2. Cricket                   Katrina Kaif           Maria Ozawa
3. Salman Khan          Kim Kardashian     Miley Cyrus
4. Phil Hughes            Haifa Wehbe          Shahrukh Khan
5. Classic YRF Songs Nancy Ajram         Justin Bieber
  (Lagu YRF Klasik)        


Tren Sistem Operasi dan Perangkat Seluler

2014 juga menunjukkan beberapa pergeseran besar dalam hal perangkat yang digunakan oleh orang-orang untuk terhubung ke Vuclip. Android tengah meledak di pasar negara berkembang yang didorong oleh proliferasi pesat perangkat smartphone murah di pasar ini. Selain itu, konsumen juga semakin menyukai perangkat dengan layar lebar dan resolusi lebih tinggi. Ponsel Android berukuran kecil semacam Galaxy Y -- belum lagi handset BlackBerry dan Symbian -- mulai tersisih oleh produk dengan resolusi lebih tinggi seperti Galaxy S IV, phablet seperti Galaxy Note I/II/III dan pada akhirnya tablet penuh, yang dipimpin oleh iPad. Handset mapan BlackBerry menurun pangsanya pada Vuclip. Meskipun peluang pasar di pasar negara berkembang terbatas, iPhone naik hampir dua kali lipat penggunaannya dengan 4/4S lama juga memasuki kawasan ini, bersamaan dengan 5C yang lebih mudah diakses, yang ditambahkan oleh Apple dalam generasi terakhir. Beberapa tren spesifik-negara yang berhubungan dengan jumlah pemirsa Vuclip adalah sebagai berikut:
  • India -- Micromax tiba dengan penuh kekuatan, meledak dari beberapa lusin model pada bulan Januari menjadi lebih dari seratus handset berbeda pada akhir 2014. Selain Micromax, produsen domestik lain seperti Karbonn, Intex, and Spice menancapkan tonggak mereka, menangkap pangsa-pasar yang agak kosong akibat penurunan produsen seperti Sony, LG, dan Nokia.
  • Uni Emirat Arab -- Secara tradisional merupakan pasar campuran, jajaran BlackBerry Bold dan Nokia E/N Symbian menyerahkan sebagian pangsanya untuk Vuclip pada iPhone, Galaxy S IV, dan berbagai handset BlackBerry 10.
  • Indonesia -- Android telah memegang dan bahkan lebih jauh lagi mengembangkan posisi yang dominan di Indonesia. Samsung memimpin pasar untuk Android di Indonesia, dengan kinerja kuat dari jajaran utamanya -- S, Note, dan Tab -- didukung oleh Ace dan Core.

“2014 menyaksikan tayangan video seluler meledak pertumbuhannya dan menjadi bentuk utama hiburan bagi banyak konsumen di pasar negara berkembang,” kata Arun Prakash, COO Vuclip. “Pertumbuhan pesat pelanggan kami merupakan testimoni terhadap fakta bahwa orang-orang di pasar ini sangat menghargai pengalaman menonton yang terbaik dan konten sangat menarik yang disesuaikan untuk media ini. Dan mereka bersedia membayar untuk hal tersebut.”

Prakash melanjutkan, “Dengan pesatnya penyerapan smartphone murah dan meningkatnya aksesibilitas Internet seluler, tidak diragukan lagi bahwa 2015 akan membawa momentum yang sangat besar bagi ekonomi video seluler. Kami memampukan transformasi dalam cara orang mengonsumsi hiburan di pasar ini. Kami merasa bangga dan sekaligus bertanggung jawab dan itulah yang mendorong kami untuk terus berinovasi guna menghantarkan video seluler unggulan berdasarkan permintaan konsumen.”

Metodologi
Statistik tren dalam laporan ini diperoleh dari survei pengguna Vuclip terutama pengguna dari India, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Pengguna diberi beberapa pertanyaan pilihan ganda dan dengan pilihan untuk tidak ikut menjawab. Tidak ada insentif yang diberikan untuk ikut menjawab. Informasi yang dikumpulkan untuk pencarian paling banyak dan tren sistem operasi serta perangkat didapatkan berkat kemampuan kami untuk mengumpulkan informasi anonim mengenai apa yang dicari pengguna, handset yang mereka gunakan, dan di negara mana mereka berada. Saat kami mengagregasi data itu, kami mendapatkan potret tren yang sangat menarik dalam dunia seluler.

Tentang Vuclip
Vuclip adalah layanan video atas permintaan seluler premium yang terdepan bagi pasar negara berkembang dengan lebih dari 5 juta pelanggan per kuartal dalam enam negara yang berbeda. Melalui kemitraan strategis dengan lebih dari 200 studio terbaik di seluruh dunia, Vuclip menghadirkan bagi para pelanggannya film Hollywood dan regional terlaris, acara TV, dan video musik dalam 20 bahasa yang berbeda. Dynamic Adaptive Transcoding(TM) Vuclip menyediakan pengalaman menonton unbuffered yang mengagumkan bagi para konsumennya pada berbagai perangkat seluler dan pada segala jaringan. Vuclip berkantor pusat di Milpitas, California, dan juga hadir di Dubai, Beijing, Kuala Lumpur, Mumbai, Delhi, Jakarta, dan Bangkok.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015