Ini merupakan film yang luar biasa, karena sukses diputar di beberapa tempat yang berbeda.

Los Angeles (ANTARA News) - Kisah tokoh pergerakan masyarakat kulit hitam Amerika Serikat, Martin Luther King Jr yang memimpin jalan dari Selma menuju Montgomery, Alabama, Amerika Serikat, pada tahun 1965 diangkat ke layar lebar berjudul "Selma".

Penyelenggara acara Martin Chase Production akan memutar film "Selma" ini gratis bagi pelajar Amerika Serikat.

"Kami bangga jadi bagian dari usaha luar biasa untuk menghadirkan kisah Amerika yang pilu dan abadi ini kepada siswa di Los Angeles," kata CEO Martin Chase Productions, Debra Martin Chase, selaku penyelenggara acara menonton "Selma" di Los Angeles.

Distributor film tersebut, Paramount Pictures, mengumumkan 275.000 siswa sekolah dasar menengah pertama dan atas akan mendapat tiket gratis menonton film tersebut di 25 lokasi di AS, termasuk Los Angeles.

Berdasarkan data dari Wikipedia, pemutaran perdana film "Selma"  dilakukan di American Film Institute Festival, pada 11 November 2014 lalu, kemudian memulai peluncuran terbatas di AS pada 25 Desember.

Kemudian berkembang menjadi versi teatrikal pada 9 Januari 2015, hanya dua bulan sebelum peringatan 50 tahun long march bersejarah Martin Luther King Jr tersebut.

Film yang berbiaya 20 juta dolar telah memperoleh penghasilan sekitar 26 juta dolar sejak peluncuran terbatas pada 25 Desember 2014 lalu. Bahkan film ini memperoleh nilai A plus dari CinemaScore dan memperoleh pujian luas dari kalangan kritikus film.

"Ini merupakan film yang luar biasa, karena sukses diputar di beberapa tempat yang berbeda, serta memiliki energi di kalangan masyarakat 'akar rumput' di sekitarnya," kata Megan Colligan, presiden pemasaran dan distribusi dalam negeri

"Baik itu di kota besar, atau di kota kecil, pemutaran film Selma menyentuh masyarakat keseluruhan", tambah Megan.

Sementara itu sebagai bagian dari memperingati hari Martin Luther King Jr., para pemeran utama film "Selma", David Oyelowo, sutradara Ava DuVernay, dan produser Oprah Winfrey, bersama-sama turun ke jalanan di Selma, Alabama, Minggu waktu setempat.

John Legend yang pekan lalu meraih Golden Globe untuk lagu pendukung (soundtrack) film "Selma" berjudul "Glory", mengumumkan kegiatan tersebut melalui media sosial.

"Di Selma, Alabama. Ayo bertemu di Balai Kota jam 4 sore dan berjalan bersama kami #Glory #MarchOn," tulisnya dalam foto yang diunggahnya di Instagram.

Bahkan, John Legend juga membawakan lagu "Glory" dengan Tuskegee University Gospel Choir di Jembatan Edmund Pettus, Selma.
Demikian LA Times.



Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015