Sydney (ANTARA News) - UAE secara mengejutkan menyingkirkan juara bertahan Jepang lewat adu penalti yang berakhir dengan 1(4)-1(5) untuk keunggulan UAE.

Dua pemain Jepang yang pentas di liga eropa, Honda dan Kagawa gagal mengeksekusi penalti.

Dengan kemenangan ini, UAE akan berhadapan dengan Australia di semi-final. Lawan yang dihadapi Jepang di partai final Piala Asia 2011.

Secara mengejutkan, Jepang yang sebagian timnya diisi oleh pemain yang bermain di Eropa tertinggal lebih dulu.

Gol cepat UAE itu tercipta menit tujuh. Berawal dari umpan panjang terukur Amer Abdulrahman ke Ali Mabkhout di depan. Sebelum mencetak gol Mabkhout mengalahkan dua pemain Jepang dan melesakkan tendangan yang tak bisa dihalau Kawashima. Jepang 0-1 UAE.

Setelah itu pertandingan berjalan dalam tempo yang terbilang lambat. Salah satu peluang Jepang tercipta menit 44 lewat Keisuke Honda. Pemain yang saat ini membela Milan ini melepaskan tendangan ke arah gawang, tetapi meleset ke kanan.

Awal babak kedua, Jepang menaikkan tempo permainan. Salah satu peluang, yakni tendangan Shinji Kagawa di kotak penalti, tetapi jatuh dipelukkan kiper Majed Nasser.

Jepang baru bisa menyamakan kedudukan menit 81. Awalnya Shibasaki memberi umpan ke Honda, kemudian Honda mengembalikkan ke Shibasaki. Pemain pengganti ini bisa melepaskan tendangan dan berbuah gol meski diapit oleh dua pemain UAE. Jepang 1-1 UAE.

Setelah itu bertubi-tubi pemain Jepang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti karena setidaknya ada delapan pemain UAE di kotak penalti. Awalnya lewat Kagawa, tetapi bisa ditepis. Kemudian Muto yang bisa ditepis lagi.

Di babak tambahan waktu 2x15 menit kedua tim tak mampu menambah angka. Jepang tampak kesulitan membongkar pertahanan UAE hingga harus diakhiri adu penalti.

Keisuke Honda yang menjadi penendang pertama gagal menjebol bola. Tendangannya bahkan tidak mendekati mistar gawang. Bola meninggi ke atas gawang Nasser. Sementara penendang pertama UAE Omar dengan tenang bisa menjebol gawang Kawashima.

Namun, penendang ketiga UAE Esmaeel gagal mengonversi penalti, sehingga kedudukan tetap imbang 2-2.

Penendang kelima, Kagawa yang tampil di Bundesliga mengikuti jejak Honda, tak bisa mengeksekusi penalti. Tendangannya mengenai tiang gawang Nasser. Sementara penendang kelima UAE Ismail Ahmed dengan tenang mengeksekusi bola. Jepang 1(4)-1(5) UAE

Berikut ini susunan pemain kedua tim seperti dikutip di espnfc.com.

Jepang: Eiji Kawashima, Yuto Nagatomo, Masato Morishige, Gotoku Sakai, Maya Yoshida, Yasuhito Endo (Gaku Shibasaki), Makoto Hasebe, Keisuke Honda, Shinji Okazaki (Yohei Toyoda), Shinji Kagawa, Takashi Inui (Yoshinori Muto).

UAE: Majed Nasser, Mohanad Salem, Hussain Haikal (Ismail Ahmed), Khamis Ismail, Abdelaziz Sanqour, Mohamed Ahmed Magdy Saad, Amer Abdulrahman (Majed Hassan), Omar Abdulrahman, Ismail Salem Al-Hammadi, Ali Mabkhout, Ahmed Khalil (Habib Fardan).

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015