PBB dukung Nigeria untuk kalahkan Boko Haram

PBB dukung Nigeria untuk kalahkan Boko Haram

Perempuan yang melarikan diri dari kekerasan di Nigeria mengantre untuk mendapatkan makanan di pusat kedatangan pengungsi di Ngouboua, Chad, Senin (19/1). Lebih dari satu juta orang diperkirakan terpaksa meninggalkan rumah mereka di Nigeria utara akibat pemberontakan sekte Islamis Boko Haram, kata sebuah badan PBB. (REUTERS/Emmanuel Braun)

Lagos (ANTARA News) - PBB pada Sabtu (24/1) menjanjikan dukungannya buat Nigeria guna mengalahkan Boko Haram serta melaksanakan pemilihan umum yang bebas, adil dan transparan pada Februari.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB di Afrika Barat dan Wakil Tinggi PBB di Nigeria, Mohammed Ibn Chambas, menyampaikan janji tersebut di Sokoto Utara, selama satu kunjungan ke Gubernur Aliyu Wamakko.

"PBB, persis seperti masyarakat internasional, merasa ngeri dengan serangan belum lama ini terhadap Kota Kecil Baga di Borno dan ini adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan gerilyawan Boko Haram adalah bukan Afrika dan bukan Nigeria dan mereka harus dihentikan," katanya.

Mengenai pemungutan suara, Chambas mendesak rakyat Nigeria agar tidak memandang hari pemilihan umum dan masa jeda menuju proses demokrasi itu sebagai tanda kiamat.

"Nigeria bisa memainkan peran strategis di Afrika dan di kancah global, dan semua mata sekarang tertuju ke negara itu untuk melaksanakan pemungutan suara yang bebas, adil, dapat dipercaya, transparan dan dapat diterima," tambah Chambas, sebagaimana dikutip Xinhua.

Menurut Chambas, PBB dan semua anggota masyarakat internasional akan berada di sekeliling Nigeria.

Ia menyeru komisi pemilihan umum agar tetap tak memihak dan menyelenggarakan pemilihan umum yang bebas, adil dan dapat diterima.

"Semua lembaga keamanan juga harus menyediakan ladang permainan buat semua warga Nigeria untuk memilih calon pilihan mereka tanpa intimidasi atau penganiayaan dan semua pemimpin juga harus mengirim pesan mereka kepada pengikut mereka bahwa pemilihan umum adalah mengenai kebebasan memilih," kata Chambas.

Ketika menanggapi pernyataan tersebut, Wamakko memuji Utusan PBB itu atas kunjungannya, dan menggambarkannya sebagai tepat pada waktunya.

Ia menyerukan dilancarkannya upaya yang lebih ketat dan tulus guna mencegah aksi teror dan semua perbuatan perlawanan di negeri itu.

"Nigeria telah menjadi ajang perang saudara selama 30 bulan dan telah menjadi tempat bermacam operasi pemelihara perdamaian dari seluruh dunia," ia menambahkan.

"Kami tetap optimistis bahwa Nigeria dapat mengalahkan Boko Haram jika ada kondisi yang memungkinkan dan itikad politik yang tepat," kata Gubernur tersebut.

Ia berjanji akan menyediakan dukungan finansial dan moral yang diperlukan guna menjamin penyelenggaraan pemungutan suara secara adil, jujur dan dapat dipercaya.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Imigrasi Bandung amankan 8 TKA ilegal

Komentar