Monako (ANTARA News) - Pereli dua kali juara dunia Sebastien Ogier tampil sebagai pemenang Reli Monte Carlo, Minggu, sekaligus menolong Volkswagen tampil sebagai juara pertama, kedua dan ketiga.

Rekan setimnya dari Finlandia, Jari-Matti Latvala, berada di urutan kedua dan Andreas Mikkelson di tangga ketiga, pada kejuaraan putaran pertama perlombaan bergengsi pada 2015 dan yang ke-83 diadakan di Monte Carlo.

Terakhir kali kejuaraan reli ditempati pabrik sama pada urutan pertama, kedua dan ketiga, terjadi pada 2003 ketika Sebastien Loeb berada di urutan ketiga, ketika Citroen berada di podium 1-2-3.

Tahun ini, Loeb, juara tujuh kali di Mente Carlo, tampil tercepat pada salah satu dari tiga trayek khusus (SS=special stage) yang dilombakan pada Minggu, sedangkan dua SS lainnya dimenangi rekan setimnya Kris Meeke.

Loeb, sembilan kali juara dunia, tapi kali ini kehilangan waktu karena mengalami kecelakaan Jumat, berada di urutan kedelapan klasemen keseluruhan (overall).

Kemenangan Ogier pada reli "Principality" itu terjadi pada 2009, ketika reli itu masih bernama "International Rally Challenge", dan juga pada tahun lalu.

Perlombaan kejuaraan dunia reli WRC (world rally championship) berikutnya akan berlangsung ke lintasan yang akan ditutup salju di Swedia.

(AFP/A008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015