Sampai saat ini pun, kami belum menentukan jumlah sekolah yang akan menjadi sekolah laboratorium Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan melakukan kerja sama dengan Universitas Sanata Dharma salah satunya ditujukan untuk mengembangkan sekolah laboratorium di kota tersebut.

"Kerja sama ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Yogyakarta, selain untuk pelaksanaan kegiatan Tri Darma pendidikan yang ada di perguruan tinggi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma akan bersama-sama menetapkan sekolah yang akan dijadikan sebagai sekolah laboratorium untuk perguruan tinggi tersebut.

Sejumlah syarat yang akan digunakan untuk menetapkan sekolah laboratorium di antaranya adalah, sekolah bukan termasuk sekolah eks-rintisan sekolah berstandar internasional, dan bukan sekolah yang sudah menjadi sekolah laboratorium dari universitas lain.

"Sekolah yang pernah menjadi rintisan sekolah berstandar internasional tetap memperoleh pembinaan dari kementerian sehingga tidak bisa dijadikan sekolah laboratorium," katanya.

Selain itu, terdapat setidaknya 14 sekolah di Kota Yogyakarta yang sudah menjadi sekolah laboratorium Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekolah laboratorium dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dari universitas terkait untuk magang atau praktik kerja lapangan dengan tetap memperhatikan pengembangan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

"Sampai saat ini pun, kami belum menentukan jumlah sekolah yang akan menjadi sekolah laboratorium Universitas Sanata Dharma," katanya.

Selain pengembangan sekolah laboratorium, di dalam kerja sama tersebut juga memungkinkan perguruan tinggi untuk menjalankan berbagai kegiatan terkait penelitian dan pengabdian masyarakat seperti kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Kota Yogyakarta.

Sedangkan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap, kesepakatan bersama tersebut membawa manfaat kepada masyarakat.

"Kerja sama ini bisa ditindaklanjuti secara intensif dengan instansi teknis terkait," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Sanata Dharma Yohannes Eka Priatna mengatakan, kerja sama itu menjadi awal mimpi perguruan tinggi untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015