Tangerang (ANTARA News) - Ratusan rumah penduduk di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, terendam dengan ketinggian air mulai dari 50 cm hingga mencapai 1,1 meter akibat pasang (rob) Laut Jawa.

"Kami mendata telah ada tiga desa yang rumahnya telah dipenuhi air," kata Camat Kosambi Bambang Misbahudin di Tangerang, Kamis.

Bambang mengatakan lokasi yang terendam itu berada di Desa Salembaran Jaya, Desa Dadap dan Salembaran Jati.

Namun lokasi yang parah berada di Kampung Ceng In, Desa Dadap dengan ketinggian air mencapai 1,1 meter.

Menurut dia, ada juga warga yang telah mengungsi ke rumah keluarga atau ke mushala terdekat karena letaknya lebih tinggi.

Sedangkan ketinggian air terus bertambah bila malam hari karena laut pasang biasanya terjadi diatas pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Banjir laut pasang itu juga menimpa puluhan rumah penduduk di Desa Dadap yang berdekatan dengan Bandara internasiona Soekarno-Hatta.

Dia menambahkan telah mendirikan dapur umum dan sejumlah pihak sudah membantu dengan memberikan makanan mi instan dan air bersih dalam kemasan.

"Ada juga pihak lain yang mengirim nasi bungkus dan aneka makanan siap saji untuk meringankan korban," katanya.

Akibat rumah terendam tersebut, maka warga yang mayoritas nelayan tidak dapat melaut sehingga mencari pekerjaan lain agar kebutuhan ekonomi sehari-hari terpenuhi.

Selain mengenangi rumah penduduk, air laut pasang juga merendam tambak udang dan bandeng tambak udang dan bandeng milik penduduk setempat.

Pewarta: Adityawarman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015