150.000 turis Indonesia melancong ke Jepang


Jakarta (ANTARA News ) - Jepang semakin populer sebagai tujuan wisata dari turis Indonesia, terbukti dari jumlah wisatawan asal Tanah Air yang bertambah dari tahun ke tahun.

"Tahun 2014 ada 150.000 wisatawan Indonesia, ini rekor tertinggi selama ini," kata Senior Director Tourism Division Bureau of Industrial and Labor Affairs Tokyo Metropolitan Government Chieko Sugisaki di Jakarta, Jumat.

Data Pariwisata Tokyo mencatat ada 137.000 wisatawan Indonesia yang mengunjungi Jepang pada 2013. Sementara itu, pada 2012 ada 101.000 turis Tanah Air yang berlibur ke Negeri Sakura. Dibandingkan lima tahun sebelumnya, jumlah turis Indonesia telah berlipat ganda.

Chieko optimistis semakin banyak turis Indonesia yang berlibur ke Negeri Sakura. Selain populasinya yang besar, perekonomian masyarakat dinilainya semakin meningkat. Selain itu, ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap hal-hal berbau Jepang juga semakin tinggi.

Oleh karena itu, Jepang berencana memperbanyak fasilitas yang akan memudahkan turis-turis muslim, misalnya tempat ibadah dan restoran halal.

Chieko mengatakan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang tahun lalu tercatat sebanyak 13 juta orang dan sepertiganya mendatangi Tokyo.

Wisatawan asing di Jepang tahun lalu didominasi oleh warga Taiwan sebanyak 2,6 juta orang, Korea Selatan 2,4 juta orang, Tiongkok 2,2 juta orang, Hong Kong 820.000 orang dan Amerika Serikat dengan 818.000 wisatawan.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berwisata kuliner di Jalan Muslim Xi’an

Komentar